Kompas TV otomotif tips & trick

Teknik Jatuh dari Sepeda Motor, Tips Berkendara yang Perlu Diketahui

Kompas.tv - 30 Agustus 2021, 16:51 WIB
teknik-jatuh-dari-sepeda-motor-tips-berkendara-yang-perlu-diketahui
Ilustrasi teknik jatuh dari sepeda motor yang aman. (Sumber: Dok. AHM)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Teknik keselamatan berkendara merupakan bekal penting bagi setiap pengendara sepeda motor agar terhindari dari kecelakaan.

Akan tetapi, yang namanya jalan raya di mana banyak orang juga menggunakannya, maka risiko kecelakaan atau sekadar jatuh dari sepeda motor pastinya tetap ada.

Oleh sebab itu, guna meminimalisasi dampak negatifnya terhadap badan, rasanya perlu juga mempelajari teknik jatuh dari sepeda motor yang aman.

Bahkan, pebalap hebat di kejuaraan MotoGP pun pernah mengalami insiden yang tak diinginkan seperti highside atau terlempar dari sepeda motor dan lowside atau meluncur di aspal.

Melansir Kompas.com, Senin (30/8/2021), berikut Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) membagikan beberapa teknik khusus yang dapat dilakukan saat terjatuh dari sepada motor.

Baca Juga: Banyak Motor Sekarang Tak Lagi Punya Engkol atau Kick Starter, Ternyata Ini Alasannya

1. Lepaskan diri dari sepeda motor

Apabila terjatuh saat berkendara, jangan ragu untuk melepaskan pegangan pada sepeda motor supaya potensi bahaya yang lebih besar tidak terjadi.

Jika tidak melepaskannya, pengendara justru bisa tertimpa atau terhantam sepeda motor. Bahkan, juga berpotensi mengalami luka bakar jika sepeda motor terbakar.

Selain itu, melepaskan diri dari sepeda motor ketika terjatuh akan mengurangi momentum dan memberikan kesempatan bagi tubuh untuk mulai berguling.

2. Berguling

Jatuh dari sepeda motor secara berguling diyakini dapat mengurangi dampak dari benturan dengan permukaan jalan.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x