Kompas TV nasional peristiwa

Muncul Potensi La Nina pada Akhir 2021, BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem!

Kompas.tv - 26 Agustus 2021, 18:00 WIB
muncul-potensi-la-nina-pada-akhir-2021-bmkg-waspada-cuaca-ekstrem
Ilustrasi cuaca ekstrem akibat kondisi iklim La Nina. (Sumber: The Straits Times)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi munculnya La Nina pada akhir 2021.

Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG Dodo Gunawan mengatakan, potensi La Nina tersebut sebagai hasil dari perkembangan El Niño-Southern Oscillation (ENSO) yang saat ini masih dalam keadaan netral.

Selain ENSO, ada pula Indian Ocean Dipole Mode (IOD) yang saat ini masih dalam keadaan netral dan diperkirakan dapat bertahan setidaknya hingga Januari 2022.

"Keduanya adalah faktor iklim penting yang mempengaruhi terhadap variabilitas (tingkat-red) curah hujan di Indonesia, terutama pada skala waktu inter-annual," jelas Dodo dalam konferensi pers, Kamis (26/8/2021).

Baca Juga: BMKG Prediksi Musim Hujan Datang Lebih Awal, Pemda Diminta Siapkan Mitigas

Dodo mengungkapkan, semua indikasi tersebut berdasarkan pemantauan parameter anomali iklim global oleh BMKG dan sejumlah institusi internasional.

Maka dari itu, masyarakat Indonesia diimbau untuk lebih waspada terhadap cuaca ekstrem seperti hujan es, hujan lebat disertai kilat dan petir, hingga angin puting beliung. 

Terlebih pada masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan.

Dodo menambahkan, saat cuaca tidak menentu, kesehatan tubuh terutama imunitas juga perlu dijaga karena risiko penyakit bisa saja datang bersamaan bersamaan dengan ancaman bencana.

"Terlebih situasi Indonesia saat ini belum lepas sepenuhnya dari pandemi Covid-19. Waspada bencana hidrometeorologi dan jaga kesehatan selalu," tuturnya.



Sumber : BMKG


BERITA LAINNYA



Close Ads x