Kompas TV nasional update

BMKG Prediksi Musim Hujan Datang Lebih Awal, Pemda Diminta Siapkan Mitigas

Kompas.tv - 26 Agustus 2021, 12:16 WIB
bmkg-prediksi-musim-hujan-datang-lebih-awal-pemda-diminta-siapkan-mitigas
Ilustrasi cuaca ekstrem yang akan terjadi di 25 wilayah di Indonesia pada hari ini, Sabtu (19/6/2021) berdasarkan prakiraan BMKG. (Sumber: shutterstock via Tribunnews)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim hujan akan datang lebih awal pada tahun ini. Prediksi ini diikuti oleh adanya potensi bencana hidrometeolrogi.

Puncak musim hujan periode 2021/2022 diprediksi terjadi pada Januari-Februari 2022. 

Sejumlah wilayah yang diprediksi akan mengalami musim hujan lebih besar dari biasanya; sebagian Aceh, Sumatera Utara, Sumatra Barat, Riau bagian selatan, Jawa, Bali-Nusa Tenggara, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur bagian barat hingga selatan, Sulawesi, Maluku Utara bagian barat, Pulau Seram bagian selatan, dan Papua bagian selatan. 

“Perlu menjadi perhatian bersama, terutama di wilayah-wilayah rawan banjir, tanah longsor, dan tanah bergerak seiring intensitas curah hujan yang akan terus semakin meninggi,” kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati saat konferensi pers virtual di Jakarta, Kamis (26/8/2021). 

BMKG mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat mewaspadai, mengantisipasi dan memitigasi lebih awal guna menghindari dan mengurangi risiko bencana.

Baca Juga: Daftar Wilayah di Indonesia Alami Fenomena Hari Tanpa Hujan Terpanjang

Dwikorita menjelaskan, dari total 342 Zona Musim (ZOM) di Indonesia, sebanyak 14,6 persen diprediksi akan mengawali musim hujan pada September 2021, meliputi Sumatra bagian tengah dan sebagian Kalimantan. 

Lalu, sebanyak 39,1 persen akan memasuki musim hujan pada Oktober 2021. Daerah yang termasuk pada periode ini ialahSumatra bagian selatan, sebagian besar Kalimantan, Sulawesi, Jawa, dan Bali.

Sementara itu, sebanyak 28,7 persen wilayah lainnya pada November 2021, meliputi sebagian Lampung, Jawa, Bali - Nusa Tenggara, dan Sulawesi. 

“Jika dibandingkan terhadap rerata klimatologis Awal Musim Hujan pada periode 1981-2010, maka Awal Musim Hujan 2021/2022 di Indonesia diprakirakan maju pada 157 ZOM (45,9 persen), sama pada 132 ZOM (38,6 persen), dan mundur pada 53 ZOM (15,5 persen),” ujarnya. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x