Kompas TV nasional politik

PAN Sebut Belum Resmi Gabung Koalisi Pemerintah, Tunggu Pernyataan Jokowi

Kompas.tv - 26 Agustus 2021, 17:11 WIB
pan-sebut-belum-resmi-gabung-koalisi-pemerintah-tunggu-pernyataan-jokowi
Ketua Komisi VIII DPR RI sekaligus politisi dari fraksi PAN Yandri Susanto (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua Umum DPP PAN Yandri Susanto menyatakan pihaknya belum secara resmi masuk ke dalam partai koalisi Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Sebab, hingga kini belum ada pengumuman resmi dari Presiden Jokowi sebagai pemimpin koalisi tersebut. 

"Ya kita tunggu pernyataan dari Pak Jokowi langsung sebagai pimpinan koalisi pemerintahan. Tapi tentu kita berterima kasih kemarin sudah diundang, sudah diajak bicara bersama-sama mengatasi pandemi termasuk persoalan lain," kata Yandri di Jakarta, Kamis (26/8/2021). 

Terkait pernyataan sekjen partai politik lain yang menyatakan PAN sudah masuk ke koalisi, ia menilai itu hanya sebagai sambutan baik dari jajaran partai koalisi lainnya. 

Baca Juga: Soal Reshuffle Kabinet Saat PAN Masuk Koalisi Jokowi, Gerindra Serahkan ke Jokowi

"Kami mengapresiasi pernyataan mereka yang sungguh luar biasa bagi PAN gitu lho. Artinya hubungan baik, kegotong royongan itu benar-benar terasan," ujarnya. 

Meski begitu, lanjut dia, PAN akan selalu siap jika memang pihaknya diminta untuk membantu pemerintah dalam mengatasi beragam persoalan yang ada sekarang. 

"Pada prinsipnya kita siap kalau diminta. Kita selama ini enggak dalam koalisi tetap membantu Pak Jokowi, tetap membantu, mengsupport. Enggak ada masalah. Hubungan PAN dengan pemerintah selama ini enggak ada persoalan. Bagus dan sangat baik," katanya. 

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PPP Arwani Thomafi mengkonfirmasi bergabungnya PAN ke dalam koalisi pemerintah Jokowi – Ma’ruf.

Hal ini ia sampaikan dalam sebuah wawancara kepada Kompas TV.

Ia menyebut, sebelumnya Presiden Joko Widodo mengadakan pertemuan dengan pimpinan partai koalisi Indonesia Maju.  

Baca Juga: PAN Masuk Koalisi Jokowi, PKS Konsisten Oposisi

Dalam pertemuan tersebut Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal PAN juga turut hadir.

“Pertemuan kemarin, pertemuan antara Presien dengan partai koalisi pemerintah, dihadiri juga oleh Ketum dan Sekjen PAN. Kehadiran Ketum dan Sekjen PAN itu menurut saya mengkonfirmasi bergabungnya PAN dalam koalisi pemerintah Jokowi Ma’ruf Amin," kata  Arwani kepada Kompas TV (26/8/2021).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x