Kompas TV internasional kompas dunia

Kehebohan Barang-Barang Al Capone yang akan Dilelang, Mafia Amerika Serikat yang Licin dan Kejam

Kompas.tv - 24 Agustus 2021, 15:00 WIB
kehebohan-barang-barang-al-capone-yang-akan-dilelang-mafia-amerika-serikat-yang-licin-dan-kejam
Bos Mafia terkenal Amerika Serikat Al Capone. Barang-barang milik mantan bos besar mafia AS, Al Capone, akan dilelang dalam lelang yang diperkirakan akan berlangsung ketat di kalangan kolektor.  (Sumber: New York Post)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

LOS ANGELES, KOMPAS.TV - Barang-barang milik mantan bos besar mafia AS, Al Capone, akan dilelang dalam lelang yang diperkirakan akan berlangsung ketat di kalangan kolektor.

Pelelangan senjata Al Capone, salah satu gangster paling terkenal di Amerika Serikat, akan dilangsungkan di California seperti dilansir France24, Selasa (24/8/2021).

Bos Mafia itu menyukai pistol otomatis kaliber 45. Pistol itu termasuk di antara barang-barang yang dilelang. Ada juga foto-foto vintage, surat untuk putranya yang ditulis dari Alcatraz, dan tempat tidur yang dia bagikan dengan istrinya di rumah mewah mereka di Florida.

Sebanyak 174 item dijual pada bulan Oktober 2021. Koleksi yang diberi judul "A Century of Notoriety: Estate of Al Capone" oleh juru lelang disebut "tidak diragukan lagi akan menjadi salah satu lelang selebriti paling penting dalam sejarah".

Capone adalah salah satu tokoh yang paling ditakuti dalam kejahatan terorganisir selama era larangan di Amerika Serikat. Saat itu penjualan atau produksi alkohol dilarang di Amerika Serikat.

Dia adalah bos dari Chicago Outfit, geng tahun 1920-an asal Italia yang mengalahkan saingannya dalam penyelundupan dan pemerasan dengan metode brutal.

Baca Juga: Perempuan Godmother Mafia Italia Klan Camorra Licciardi Ditangkap di Bandara Italia, Bikin Bergidik

Gangster Amerika Serikat tahun 1930an yang terkenal kejam namun selalu berpakaian parlente, salah satu pentolannya adalah Al Capone yang barang-barang pribadinya akan dilelang Oktober 2021 nanti (Sumber: New York Daily News)

Aksi brutal tersebut memuncak dalam Pembantaian Hari Valentine 1929, ketika tujuh anggota geng saingan dibunuh, dengan gaya eksekusi.

Capone terkenal tidak pernah dihukum karena kekerasan, tetapi dipenjara karena penghindaran pajak, akhirnya berakhir di Alcatraz, sebuah benteng pulau di lepas pantai San Francisco.

Para pelelang pada penjualan 8 Oktober di Sacramento memperkirakan pistol otomatis .45 Colt dapat terjual hingga 150.000 dolar AS, sementara pistol lain yang dimiliki oleh gangster itu dapat menghasilkan hingga 60.000 dolar AS.

Harta yang dilelang, yang juga termasuk arloji saku Patek Philippe platinum dan berlian, adalah dari koleksi yang diwariskan kepada putra tunggal Al dan Mae Capone, Sonny.

Barang-barang yang dilelang saat ini dimiliki oleh Diane dan Barbara Capone, cucu dari penjahat terkenal itu.



Sumber : Kompas TV/France24


BERITA LAINNYA



Close Ads x