Kompas TV travel jelajah indonesia

Wuih, Tiga Dinosaurus Jadi Koleksi Baru Taman di Magetan, Apakah Asli?

Kompas.tv - 20 Agustus 2021, 21:07 WIB
wuih-tiga-dinosaurus-jadi-koleksi-baru-taman-di-magetan-apakah-asli
Tangkapan layar video dinosaurus di Mojosemi Forest Park, Magetan, Jawa Timur. (Sumber: Screenshot)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Vyara Lestari

MAGETAN, KOMPAS.TV - Sebanyak tiga dinosaurus menjadi koleksi terbaru di destinasi wisata Mojosemi Forest Park di Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Perlu diketahui, dinosaurus tersebut merupakan karya dari karyawan Mojosemi Forest Park ketika mengisi kegiatan selama penerapan PPKM di Magetan berlangsung.

Honggo Utomo, Kepala Riset dan Pengembangan Mojosemi Forest Park menjelaskan, para karyawan kini sudah bisa memproduksi serta melakukan pemeliharaan ke dinosaurus replika tersebut.

“Anak-anak sudah bisa produksi sendiri, maintenance sendiri. Dulu waktu kita masih mendatangkan teknisi dari China untuk perbaikan, biayanya besar sekali,” ujarnya dikutip dari Kompas.com, Jumat (20/08/2021).

Baca Juga: Viral Video Dinosaurus Turun dari Truk di Magetan, Terjawab Sudah Asli atau Palsu

Bengkel dinosaurus di Mojosemi Forest Park di Kabupaten Magetan telah berhasil melakukan perawatan dan pembuatan dinosaurus selama penerapan PPKM yang membuat destinasi wisata tutup selama 3 pekan terakhir. (Sumber: KOMPAS.COM/SUKOCO)

Honggo mengungkapkan kesulitan terbesar ketika membuat replika binatang purba itu, yakni membuat kulit tekstur yang kedap air.

Proses yang dilakukan juga membutuhkan waktu yang lama karena harus mempelajari anatomi hewan purba untuk mendapatkan gerakan yang natural.

Mojosemi Forest Park bisa menekan pengeluaran di kala pandemi dengan kemampuan yang dimiliki para pekerjanya saat ini.

Diketahui, tempat wisata ini mengajak masyarakat untuk melakukan kunjungan di salah satu area barunya yakni Taman Dinosaurus selama PPKM secara virtual.

Baca Juga: Kerangka Dinosaurus Terbesar yang Ditemukan di Australia Dipastikan Spesies Baru; Australotitan

“Sudah tiga minggu kita buka. Launching pertama kemarin ada pengunjung Kuwait, Papua, Palembang dan lain lain. Kita ajak mereka mengunjungi Taman Dinosaurus secara virtual,” ungkap Honggo.

Sebelumnya Mojosemi Forest Park menggegerkan masyarakat Indonesia melalui unggahan video dinosaurus yang turun dari truk.

Dalam video yang beredar, seekor dinosaurus tampak turun dari mobil truk dan dijinakkan oleh beberapa orang.

 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x