Kompas TV tekno internet

Google Doodle: Selamat Hari Kemerdekaan dan Tetap Kuat Bersama, Indonesia!

Kompas.tv - 17 Agustus 2021, 05:35 WIB
google-doodle-selamat-hari-kemerdekaan-dan-tetap-kuat-bersama-indonesia
Tampilan Google Doodle bertema Hari Kemerdekaan Indonesia hari ini, Selasa (17/8/2021). (Sumber: Google)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tampilan Google hari ini, Selasa 17 Agustus 2021, bertema Hari Kemerdekaan Indonesia atau dalam bahasa inggris Indonesia Independence Day 2021.

Ya, Google turut merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia atau dikenal masyarakat Indonesia sebagai Tujuhbelasan (Ketujuh Belas).

Dalam keterangannya, Google menerangkan, pada hari ini di tahun 1945, para pemimpin Indonesia menyatakan bahwa masyarakat yang memiliki lebih dari 17.000 pulau di Asia Selatan ini menjadi negara yang berdaulat.

Adapun Google Doodle bertema Kemerdekaan Indonesia ini dibuat oleh seniman bernama Kathrin Honesta.

Baca Juga: Hari Kemerdekaan Indonesia 2021 di Laman Google Doodle, Ini Maknanya

Masih dalam penjelasannya, Google menyatakan bahwa setiap huruf dalam karya seni Doodle menggambarkan unsur-unsur yang umum dalam perayaan Hari Kemerdekaan.

Unsur-unsur pada karya Doodle ini pun memiliki ciri khas Indonesia yang dimulai dengan Sasando, yakni alat musik harpa senar sembilan yang terbuat dari bambu dan daun lontar asli Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur.

"Dari kiri ke kanan, instrumen, objek, dan orang lain yang digambarkan termasuk Rebana, instrumen mirip rebana," tulis Google dalam keterangannya.

Selanjutnya ada topeng Hudoq dari Kalimantan, penari kipas Pakarena dari Sulawesi, serta Tifa yang merupakan alat musik perkusi dari Maluku.

Gambar terakhir terdapat gambus atau kecapi dari Sumatera.

Seluruh Doodle tersebut diilustrasikan dengan pola batik dan topeng unik, serta instrumen alat musik dan tarian yang berwarna-warni.

"Selamat Hari Kemerdekaan dan tetap kuat bersama, Indonesia!" tulis Google di akhir keterangannya.

Baca Juga: Ini 5 Lagu Tema Kemerdekaan Indonesia yang Cocok Diputar Saat 17 Agustus



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x