Kompas TV nasional peristiwa

Naskah Asli Teks Proklamasi Tulisan Tangan Soekarno Dihadirkan Selama Upacara Kemerdekaan Besok

Kompas.tv - 16 Agustus 2021, 22:55 WIB
naskah-asli-teks-proklamasi-tulisan-tangan-soekarno-dihadirkan-selama-upacara-kemerdekaan-besok
Serah terima naskah asli Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia hasil tulisan tangan Soekarno untuk dihadirkan di Upacara Kemerdekaan di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021). (Sumber: Kompas TV/Ant)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sekretariat Presiden akan menghadirkan naskah asli Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia hasil tulisan tangan Soekarno dalam Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa 17 Agustus 2021.

Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden Sony Kartiko mengatakan, pihaknya telah melakukan serah terima naskah asli Teks Proklamasi dari pihak Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) pada Senin (16/8/2021).

Pihak Sekretariat Presiden akan menampilkan dokumen bersejarah itu di mimbar kehormatan saat upacara berlangsung di halaman Istana Merdeka.

Baca Juga: Jangan Salah Ini Penulisan & Ucapan Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia yang Benar

“Pada pagi hari ini, secara bersama-sama kita saksikan arsip negara yaitu naskah Teks Proklamasi tulisan tangan Bung Karno yang merupakan bukti sejarah yang sangat bernilai tinggi, bernilai sangat berharga untuk kita semua bangsa Indonesia,” ujar Sony.

Proses serah terima naskah proklamasi dilakukan oleh Direktur Preservasi ANRI Kandar kepada Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden Sony Kartiko.

Penyerahan dokumen bersejarah itu juga disaksikan Kepala ANRI Imam Gunarto, Plt Deputi Konservasi Arsip ANRI Multi Siswati, Kepala Biro Perencanaan dan Humas ANRI Widarno, serta Kepala Biro Umum Sekretariat Presiden Erry Hermawan.

Setelah serah terima, Sekretariat Presiden membawa naskah asli Teks Proklamasi itu ke Istana Merdeka oleh Sekretariat Presiden. 

Pihak Sekretariat Presiden berharap, kehadiran teks proklamasi itu dapat menambah kekhidmatan pada Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sony mengatakan, pihaknya akan langsung mengembalikan dokumen itu pada ANRI setelah Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia untuk mendapatkan perawatan terbaik.

“Segera setelah naskah teks tulisan Bung Karno tersebut kami gunakan, kami hadirkan dalam acara atau rangkaian peringatan di Istana Kepresidenan Jakarta, akan segera kami sampaikan kembali kepada ANRI dalam waktu yang segera,” kata Sony.

Baca Juga: Pemerintah Imbau Masyarakat Hentikan Kegiatan Selama 3 Menit Saat Peringatan Detik-Detik Proklamasi

Sementara, Direktur Preservasi ANRI Kandar mengucapkan terima kasih kepada pihak Sekretariat Presiden yang berkenan menerima arsip sejarah tersebut.

“Atas nama Arsip Nasional mengucapkan terima kasih kepada Setpres, terutama kepada Bapak Kepala Biro Administrasi yang telah berkenan menerima penyerahan sementara arsip Teks Proklamasi tulisan tangan ini bisa dihadirkan di acara Detik-Detik Proklamasi HUT ke-76 Republik Indonesia,” ucap Kandar.

Sebagai informasi, ini adalah kali kedua arsip bersejarah itu hadir di Istana Merdeka bersandingan dengan teks proklamasi yang diketik oleh Sayuti Melik dan bendera pusaka. 

Sebelumnya, teks proklamasi tulisan tangan Soekarno itu dihadirkan ke Istana Merdeka pada Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2020.

Hal ini kembali dilakukan sebagai salah satu upaya edukasi kepada masyarakat luas mengenai awal mula sejarah Indonesia.

Baca Juga: Mal di Wilayah PPKM Level 4 akan Dibuka, Luhut: Kapasitas Pengunjung 50 Persen



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x