Kompas TV nasional peristiwa

Pemerintah Imbau Masyarakat Hentikan Kegiatan Selama 3 Menit Saat Peringatan Detik-Detik Proklamasi

Kompas.tv - 15 Agustus 2021, 22:54 WIB
pemerintah-imbau-masyarakat-hentikan-kegiatan-selama-3-menit-saat-peringatan-detik-detik-proklamasi
Pemerintah imbau masyarakat hentikan kegiatan 3 menit untuk sikap sempurna dan berdiri tegak sebagai bentuk menghormati Peringatan Detik-Detik Proklamasi. (Sumber: Tangkapan Layar KompasTV)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah imbau masyarakat untuk tetap khidmat dan menghormati peringatan HUT ke-76 RI meski di tengah pandemi Covid-19, dengan menghentikan semua kegiatan dan aktivitas selama tiga menit pada pukul 10.17 WIB pada 17 Agustus 2021 mendatang.

"Hentikan semua kegiatan dan aktivitas Saudara selama tiga menit saja pada tanggal 17 Agustus (2021) pukul 10 lewat 17 menit Waktu Indonesia Bagian Barat," ujar Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam sebuah video pada Minggu (15/8/2021).

Menurut Pratikno yang juga Ketua Panitia Negara Perayaan Hari-hari Nasional dan Penerimaan Kepala Negara/Pemerintah Asing/Pimpinan Organisasi Internasional, masyarakat dapat mengambil sikap sempurna pada saat peringatan detik-detik proklamasi.

"Ambil sikap sempurna, berdiri tegak, untuk menghormati Peringatan Detik-Detik Proklamasi," lanjutnya.

Baca Juga: Sambut HUT RI ke 76, Ini Dia Sederet Promo dan Diskon Produk Makanan

Perlu diketahui, upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia akan digelar secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Sementara itu, keterlibatan aktif seluruh undangan dan masyarakat akan dilakukan secara virtual.

Dalam video yang diterima Kompas TV, imbauan untuk mengambil sikap sempurna dan berdiri tegak saat Peringatan Detik-detik Proklamasi juga disampaikan oleh para atlet Indonesia yang berlaga di Olimpiade Tokyo 2020.

Ajakan itu disampaikan mulai dari pasangan ganda putri bulu tangkis peraih medali emas Olimpiade Tokyo, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu, kemudian peraih medali perak Eko Yuli Irawan (angkat besi kelas 61 kilogram putra).

Tidak ketinggalan, tiga atlet peraih medali perunggu masing-masing Windy Cantika Aisah (angkat besi 49 kilogram putri), Rahmat Erwin Abdullah (angkat besi 73 kilogram putra), serta Anthony Sinisuka Ginting (bulu tangkis tunggal putra).

"Ayo ambil sikap sempurna, berdiri tegak pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia, saat lagu Indonesia Raya berkumandang. Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh," seru para atlet.

Baca Juga: Sejarah: Malam Ini, Detik-Detik Rencana Penculikan Soekarno

Sama seperti tahun lalu, Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun ini pun hanya akan dihadiri oleh undangan secara terbatas.

Hal tersebut tetap dipilih pemerintah sebagai wujud mengutamakan kesehatan dan keselamatan masyarakat karena pandemi Covid-19 yang masih melanda.

Pembatasan tidak hanya akan dilakukan dalam peringatan HUT ke-76 RI, melainkan juga dalam Sidang tahunan MPR RI tahun 2021 yang akan digelar besok, Senin (16/8/2021).

Dalam rapat Gabungan (Ragab) Pimpinan MPR dengan Pimpinan Fraksi dan Kelompok DPD tersebut pelaksanaan Sidang Tahunan peserta yang hadir secara fisik dalam dibatasi hanya sebanyak 60 orang.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x