Kompas TV nasional politik

Ketua DPR: Pandemi Covid-19 Membuat Ratusan Juta Orang Kehilangan Kerja, Jatuh ke Jurang Kemiskinan

Kompas.tv - 16 Agustus 2021, 12:02 WIB
ketua-dpr-pandemi-covid-19-membuat-ratusan-juta-orang-kehilangan-kerja-jatuh-ke-jurang-kemiskinan
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani menyebut pihaknya akan fokus dalam pengawasan penanganan dampak pandemi Covid-19 (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPR RI Puan Maharani menyebut pandemi Covid-19 yang terjadi di seluruh dunia mengakibatkan krisis kesehatan, ekonomi, dan  dampak sosial yang berbagai macam. 

Ia berharap adanya sinergi dan kolaborasi global untuk bersama-sama menghadapi pandemi Covid-19 dan memitigasi krisis global yang berpotensi terjadi.

“Perjuangan kita bersama masyarakat dunia dalam memerangi pandemi Covid-19 masih terus berlanjut. Lonjakan kasus Covid-19 masih terjadi, ratusan juta orang kehilangan pekerjaan, jatuh ke jurang kemiskinan, bahkan terancam kelaparan,” kata Puan dalam Sidang Paripurna DPR, Jakarta, Senin (16/8/2021). 

Baca Juga: Puan ke Pemerintah: Kebijakan Pandemi Covid-19 Harus Jelas, Berksesinambungan dan Disosialisasikan

Politikus PDIP itu mengatakan, hampir seluruh aktivitas masyarakat berhenti dalam kurun waktu tersebut, dan berdampak pada menurunnya derajat kesejahtetaan rakyat baik di bidang kesehatan, sosial, ekonomi, dan budaya.

“Dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 dan dampaknya yang luas, Negara tidak bisa berpasrah diri. Negara harus melakukan upaya-upaya terbaik agar Negara tetap dapat menjalankan tugas-tugas tujuan bernegara,” ujarnya. 

Mantan Menko PMK ini pun memberi apresiasi atas upaya pemerintah yang cepat dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 dan dampaknya yang luas dengan berbagai kebijakan dan program yang telah dilakukan. 

“Ke depan, Pemerintah agar dapat meningkatkan kinerjanya, karena kehadiran negara semakin diharapkan oleh rakyat untuk dapat melindungi kehidupan dan masa depannya,” kata dia.

Ia menyatakan, melalui Alat Kelengkapan Dewan (AKD) akan melakukan rapat-rapat bersama dengan mitra kerja maupun panitia kerja. Hal ini dalam kerangka menjalankan prinsip checks and balances terhadap pemerintahan.
 
“Pengawasan DPR RI masih akan fokus pada penanganan pandemi Covid-19 dan dampaknya. DPR RI akan memastikan bahwa negara hadir untuk memberikan perlindungan kepada rakyat dalam menghadapi pandemi Covid-19,” kata Puan.

Baca Juga: Ketua DPD Tak Setuju Anggapan Negara Gagal Tangani Pandemi Covid-19

Ia menambahkan, ada sejumlah hal yang akan menjadi perhatian DPR dalam fungsi pengawasan pandemi Covid-19 ke depan. Untuk penanganan di bidang kesehatan, dirinya meminta pemerintah agar melakukan percepatan vaksinasi secara merata di seluruh wilayah Tanah Air.

“Meningkatkan testing, tracing, and treatment. Mengoptimalkan pelaksanaan kebijakan PPKM untuk dapat mengurangi penyebaran pandemi Covid-19, dan pengawasan Pemerintah terhadap kedatangan warga negara asing (WNA) di saat PPKM,” katanya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x