Kompas TV regional berita daerah

Pemkab Tulang Bawang Bawang Ciptakan Metode Kesehatan Uluan Nughik Thermal Chamber

Kompas.tv - 13 Agustus 2021, 16:38 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV ­– Inovasi oleh Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat, Lampung, bersama sejumlah dokter di daerah setempat, berhasil menciptakan metode kesehatan yang dinamakan Uluan Nughik Thermal Chamber (UNTC) sebagai salah satu upaya penanganan Covid-19.

Metode kesehatan dengan UNTC ini, menggunakan ruangan yang direkayasa melalui suhu kelembapan dengan mengatur tekanan sedemikian rupa.

Alat ini telah diujikan kepada sekitar 100 orang pria dan wanita, dengan rentang usia 18 hingga 70 tahun yang terpapar Covid-19 dan sedang menjalani isolasi mandiri.

Baca Juga: Warga Meninggal Dunia saat Menjalani Isolasi Mandiri

Berdasarkan uji coba yang dilakukan, menunjukkan hasil yang baik. Warga yang terpapar Covid-19 mengalami penurunan gejala, bahkan menunjukan tanda-tanda kesembuhan.

Sebelum dilakukan terapi, relawan akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Kemudian, memantau dari luar kondisi orang yang berada didalam ruangan dengan menggunanakan  alat yang sudah disiapkan.

Saat dijumpai, Ketua Tim Uluan Nughik Thermal Chamber (UNTC), Dokter Adi Sakti Putra Tangkari, menjelaskan bahwa alat ini secara keseluruhan hanya menggunakan metode  rekayasa suhu, kelembapan, dan tekanan ruangan. Sama sekali tidak ada campuran zat aktif, obat, suntikan, ataupun radiasi aktif.

“Kami sudah melakukan uji coba dan hasilnya hampir seratus persen mengalami perbaikan. Jadi, sesaat keluar dari ruangan itu menjadi lebih baik.” Ujar Dokter Adi.

“Jadi, relawan yang masuk sebelumnya sudah dipantau oleh medis terkait riwayat penyakit dan juga kami memantau mereka selama berada di ruangan.” Ujar Dokter Pramono.

Sementara, menurut Umar Ahmad selaku Bupati Tulang Bawang Barat yang juga sebagai penasihat dalam metode kesehatan di UNTC, menuturkan diciptakannya inovasi metode kesehatan ini sebagai salah satu bentuk upaya penanganan Covid-19.

“Ini adalah upaya untuk menangani Covid-19. Metode ini sudah berjalan sekitar tiga minggu dan telah diuji coba ke seratus orang. ” Tutur Umar.

Baca Juga: PMI Ajak Penyintas Covid 19 Donor Plasma Konvalesen Demi Bias Membantu Penyembuhan Pasien Covid 19

Bahkan, tidak menutup kemungkinan pascauji coba yang dilakukan, metode terapi ini akan dilakukan kepada pasien yang sedang dirawat di rumah sakit dan tentunya tetap mengikuti setiap aturan yang berlaku.

Metode kesehatan dengan UNTC akan terus dipantau perkembangannya. Untuk selanjutnya, akan dilakukan pengembangan yang lebih luas dengan penambahan alat lainnya sebagai upaya penangan Covid-19.

#metodekesehatan #untc #tubaba



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x