Kompas TV regional berita daerah

PMI Ajak Penyintas Covid 19 Donor Plasma Konvalesen Demi Bias Membantu Penyembuhan Pasien Covid 19

Kompas.tv - 2 Agustus 2021, 19:01 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV ­– Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Bandar Lampung ajak penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen sebagai rasa kemanusiaan.

Di tengah tingginya angka kematian pasien Covid-19, sejumlah permintaan plasma konvalesen pun turut meningkat. Namun, hal ini justru dibarengi dengan stok plasma di UTD PMI Bandar Lampung yang terbatas.

Terapi plasma konvalesen ini, menjadi salah satu metode  penyembuhan untuk pasien Covid-19 melalui pengambilan darah plasma dari penyintas Covid-19 yang kemudian diberikan kepada pasien COVID-19.

Hal ini diterangkan oleh Sri Berdikarina Kepala Pengelolaan Donor Darah UTD PMI Bandar Lampung ia mengajak para penyintas Covid-19 untuk bersedia menjadi pendonor plasma konvalesen.

Karena plasma dari penyintas atau orang yang mampu bertahan dari virus Covid-19, akan sangat berguna bagi pasien Covid-19 yang sedang dirawat.

Plasma konvalesen sendiri nantinya akan didistribusikan ke seluruh rumah sakit yang membutuhkan se-Provinsi Lampung.

Selain itu, bagi masyarakat terutama penyintas Covid-19 yang akan menjadi pendonor, perlu diketahui bahwa terdapat beberapa syarat-syarat yang mesti dipenuhi. Karena tidak semua penyintas Covid-19 dapat mendonorkan plasmanya.

 

#donorplasmakonsavlese #penyintascovid19  #pmi 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x