Kompas TV nasional aiman

AIMAN - Di Balik Niat, 2 Triliun Palsu

Selasa, 10 Agustus 2021 | 13:20 WIB
aiman-di-balik-niat-2-triliun-palsu
(Sumber: -)

 

JAKARTA, KOMPAS.TV- Saya mencoba mencari tahu, sebenarnya ada berapa uang yang dimiliki oleh Keluarga Akidi Tio di rekening Giro yang sebelumnya tertulis sumbangan 2 Triliun Rupiah. Saya mendapatkan tanda dari lembaga negara yang memeriksanya.

Sumbangan 2 Triliun rupiah bukan angka yang main - main. Dalam program AIMAN saya mencoba menggambarkan ada berapa banyak uang 2 Triliun rupiah dengan pecahan 100 ribuan. Sedikit hitungan jika 1 Brut itu memiliki 1000 (seribu) lembar, artinya akan ada Rp 100 Juta. Jika dijejerkan maka 1 meter persegi akan berjumlah 2 Miliar Rupiah. Lalu bagaimana jika dimasukkan ke dalam Truk Kontainer ukuran 20 Feet atau sekitar 30 Meter Kubik. Dari hitungan saya maka 1 truk kontainer akan memuat Rp 600 Miliar Rupiah. Artinya butuh 4 truk kontainer untuk membawa uang pecahan 100 ribuan dalam jumlah 2 Triliun rupiah. Luar biasa ya!

REKENING 3 JUTA DARI JANJI 2 TRILIUN

Saya mencoba menggali informasi kepada Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan, PPATK. "Jauh.. sangat jauh dari angka itu (2 Triliun", kata Kepala PPATK Dian Ediana Rae kepada saya di Program AIMAN yang tayang setiap Senin pukul 8 Malam di Kompas TV.

Saya kembali bertanya, apakah tidak sampai alias jauh di bawah 1 persen dari yang dijanjikan? Dian menjawabnya dengan Tertawa.

Salah satu penegak hukum di Polda Sumatera Selatan bahkan dikutip dari Majalah Tempo pekan ini, mengatakan bahwa jumlah uang di rekening Heryanti putri bungsu dari Akidi Tio, hanya 3,7 Juta Rupiah. Ada rekening yang lain juga termasuk rekening suaminya, bahkan tidak mencapai 1 juta rupiah.

Lalu kok bisa datang ke Markas Polisi dan menjanjikan uang 2 Triliun rupiah?

PENELUSURAN DAHLAN ISKAN

Ini yang masih tanda tanya. Bahkan Mabes Polri pun, juga masih mencari motifnya. Saya juga sempat mewawancarai Pengusaha yang juga Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan. Dahlan menyatakan Keluarga Akidi Tio adalah keluarga baik - baik. Dan mereka berdasarkan penelusuran dari Dahlan, memang punya bisnis di Singapura. Namun apakah bisnisnya itu masih bisa dicairkan atau bahkan sudah ditipu orang, Dahlan tak berani berspekulasi.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:13
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19