Kompas TV regional kesehatan

Riau Siap Mulai Vaksinasi Dosis Ketiga, Utamakan Nakes yang Tangani Langsung Pasien Covid-19

Kompas.tv - 9 Agustus 2021, 01:35 WIB
riau-siap-mulai-vaksinasi-dosis-ketiga-utamakan-nakes-yang-tangani-langsung-pasien-covid-19
Tiga botol Vaksin COVID-19 Moderna difoto di pusat vaksinasi virus corona baru di Velodrom Berlin, Jerman. European Medicines Agency telah merekomendasikan untuk menyetujui vaksin COVID-19 Moderna untuk anak-anak berusia 12 hingga 17 tahun, pertama kali suntikan telah diizinkan untuk orang di bawah 18 tahun. Dalam keputusan pada Jumat, 23 Juli 2021 (Sumber: AP Photo/Michael Sohn)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Hariyanto Kurniawan

PEKANBARU, KOMPAS.TV - Vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster untuk tenaga kesehatan (nakes) di Provinsi Riau akan segera dimulai.

Kepala Dinas Kesehatan Riau Mimi Yuliana Nazir menyatakan, pemerintah daerah setempat telah menerima 2.340 vial vaksin Covid-19 Moderna untuk keperluan vaksinasi tersebut.

"Kami sudah menerima vaksin Moderna untuk penyuntikan dosis ketiga tenaga kesehatan," kata Mimi, sebagaimana dikutip dari Kompas.com, Minggu (8/8/2021).

Mimi menjelaskan, saat ini prosesnya masih dalam tahap pendistribusian, dan nantinya vaksin dosis ketiga itu akan diberikan kepada target yang berjumlah 32.923 tenaga kesehatan.

Baca Juga: Baru 14 Persen dari Target, Tingkat Vaksinasi di Maluku Masih Terbilang Sangat Rendah

"Prosesnya sekarang sudah berjalan. Beberapa daerah sudah mengambil, seperti Kota Pekanbaru, dan Kabupaten Rokan Hulu. Hari ini masih ada daerah lain yang mengambil," ungkap Mimi.

Mimi menambahkan, dalam penyelenggaraan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga, setiap kepala dinas kesehatan tingkat kabupaten/kota dan direktur rumah sakit mesti membuat pakta integritas terlebih dahulu.

"Dalam pakta integritas itu, menyatakan bahwa yang disuntik vaksin Moderna adalah tenaga kesehatan yang menangani langsung pasien Covid-19," jelasnya.

Pembuatan pakta integritas tersebut lantas menjadi penting, mengingat terbatasnya jumlah vaksin untuk dosis ketiga.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Sebut 96 Persen Warga DKI Jakarta Sudah Terima Vaksin Dosis Pertama

"Maksudnya didahulukan untuk tenaga kesehatan yang terlibat langsung dalam penanganan pasein Covid-19," imbuh Mimi.

Namun, apabila tenaga kesehatan yang menangani pasien Covid-19 sudah selesai divaksin, maka semua tenaga kesehatan di rumah sakit akan diberikan.

"Kalau sudah selesai divaksin dosis ketiga nakes yang menangani pasien Covid-19, barulah semua teman-teman nakes di rumah sakit diberikan vaksin moderna ini," tandasnya.

 

 

 

 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x