Kompas TV nasional peristiwa

Polda Metro Jaya Sebut 96 Persen Warga DKI Jakarta Sudah Terima Vaksin Dosis Pertama

Kompas.tv - 8 Agustus 2021, 15:48 WIB
polda-metro-jaya-sebut-96-persen-warga-dki-jakarta-sudah-terima-vaksin-dosis-pertama
Ilustrasi  Polda Metro Jaya menyatakan warga DKI Jakarta yang sudah mendapat vaksin Covid-19 dosis pertama. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV – Polda Metro Jaya menyatakan warga DKI Jakarta yang sudah mendapat vaksin Covid-19 dosis pertama sebanyak 96 persen.

Lebih lanjut, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menyatakan bahwa capaian melalui Vaksinasi Merdeka naik lebih dari 10 persen daripada capaian sebelumnya.

"Sebelum peluncuran Vaksinasi Merdeka pada 1 Agustus 2021, warga DKI Jakarta yang divaksin Covid-19 sekitar 84,55 persen, sekarang ini sudah hampir 96 persen," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus dalam keterangan tertulis, Minggu (8/8/2021).

Yusri juga menerangkan bahwa sebagian besar warga yang mengikuti Vaksinasi Merdeka merupakan mereka yang sudah paham tentang kekebalan kelompok atau herd immunity.

Baca Juga: Selama PPKM Level 4, Sebanyak 34 WNA China Masuk ke Indonesia

Bahkan, warga juga telah paham bahwa vaksin Covid-19 merupakan satu solusi untuk mengakhiri pandemi Covid-19.

"Cara memutus mata rantai penularan Covid-19 cuma ada tiga yaitu pertama vaksin, kedua vaksin dan ketiga vaksin," terangnya.

Kini, DKI Jakarta masih melakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyatakat (PPKM) Level 4.

Kendati begitu, tim Satgas Covid menyebut kasus konfirmasi positif Covid-19 di DKI Jakarta pada Sabtu, 7 Agustus 2021.

Angka positif Covid-19 terus menurun seiring dengan semakin banyaknya warga yang telah divaksin Covid-19.

"Jakarta (7/8), 2008 kasus positif, berarti 'herd immunity' sudah terbentuk di Jakarta ini karena sebagian besar sudah divaksin," ujarnya.

Baca Juga: Luhut: Nanti Kalian ke Restoran Enggak Ada Kartu Vaksin Ditolak, Belanja Juga Ditolak

Perlu diketahui, program Vaksinasi Merdeka adalah salah satu strategi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI Jakarta untuk mempercepat vaksinasi guna mewujudkan kekebalan komunal masyarakat atau herd immunity).

Program ini diluncurkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan masih akan berlangsung hingga 17 Agustus 2021.

Vaksinasi Merdeka dinilai sebagai satu solusi untuk masyarakat, pasalnya masyarakat jadi terbantu karena lokasi vaksinasi dekat dengan tempat tinggal dan mudah diakses.

Diberitakan Kompas TV sebelumnya, mendukung keberhasilan Vaksinasi Merdeka telah dibuka lebih dari 900 gerai yang dapat memberikan layanan vaksinasi Covid-19 secara gratis.

Baca Juga: Respons Unjuk Rasa Besok, Polda Metro Jaya: Lihat Rumah Sakit dan Kuburan Sudah Penuh

Vaksinasi ini dilaksanakan untuk merayakan hari kemerdekaan. Terlebih, harapnya pada hari penting itu, herd immunity di DKI Jakarta telah mencapai 100 persen.



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x