Kompas TV internasional kompas dunia

Unik! Ada Hotel Mewah di Tengah Gurun, Seperti Ini Desainnya

Kompas.tv - 8 Agustus 2021, 22:38 WIB
unik-ada-hotel-mewah-di-tengah-gurun-seperti-ini-desainnya
Desain Hotel Dunas, yang ada di tengah gurun pasir, karya Jasper Architects. (Sumber: Jasper Architects)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Hariyanto Kurniawan

KUWAIT, KOMPAS.TV - Sebuah hotel mewah akan segera hadir di tengah padang pasir di negara monarki yang kaya akan minyak, Kuwait.

Hotel yang diberi nama Dunas itu, desainnya baru saja dirampungkan oleh firma arsitek asal Berlin, Jerman yakni Jasper Architects.

Setelah memenangkan sayembaranya, Jasper Architects merancang hotel tersebut dengan mengikuti kondisi eksisting lahan yang telah ditetapkan.

Bentuk utamanya berupa geometri lengkung, yang nantinya bakal dibangun dengan material beton, merupakan cerminan dari lanskap gundukan pasir di sekitar site.

Baca Juga: NoMad London, Hotel Hasil Perombakan Gedung Pengadilan

Konsep rancangan fasilitas yang ada di Hotel Dunas. (Sumber: Jasper Architects)

"Dengan strukturnya yang bergelombang, hotel ini juga akan menawarkan pemandangan spektakuler dikelilingi gurun," kata Founder Jasper Architects, Martin Jasper, dikutip dari Designboom, Jumat (6/8/2021).

Rencananya, pembangunan Hotel Dunas bakal menghabiskan lahan seluas 19.866 meter persegi dan ditargetkan selesai pada 2024.

Dalam konsep desainnya, fasilitas yang melengkapi hotel tersebut pun beragam, mulai dari kamar tipe suite seluas 600 meter persegi, kolam renang, ruang tamu, hingga salon serta spa.

Bagi setiap tamu hotel yang menginap di kamar suite pribadi akan dimanjakan dengan pemandangan unik yang terkoneksi langsung dengan gurun.

Baca Juga: Intip Desain Toko Permen Jadul White Rabbit, Serasa Berada di Lautan Susu

Desain eksterior Hotel Dunas. (Sumber: Jasper Architects)

Dengan atap yang landai di setiap jeda antara dua kamar suite-nya, pengunjung Hotel Dunas akan memiliki akses ke atas bangunan supaya dapat menikmati pemandangan lebih luas.

Mengingat lokasinya yang berada di tengah gurun, Hotel Dunas juga dirancang dapat memaksimalkan cahaya matahari sebagai sumber penerangan, terutama pada siang hari.

Meski begitu, untuk mengantisipasi hawa panas yang masuk bersamaan dengan sinar matahari, arsiteknya pun menambahkan beberapa jenis tanamanan dan pepohonan.

Sementara itu, dari sisi konstruksi, Jasper mengaku memilih beton sebagai material utama dengan sejumlah sentuhan kayu pada desainnya.

"Konstruksinya menggunakan dua jenis beton, yakni pigmented shotcrete dan pigmented readymade concrete. Sedangkan elemen kayu akan banyak terasa di interior hotel," tutur Jasper.

Desain interior Hotel Dunas. (Sumber: Jasper Architects)

 

 



Sumber : Designboom


BERITA LAINNYA



Close Ads x