Kompas TV nasional berita utama

Lonjakan Kasus Covid-19 Geser ke Luar Pulau Jawa, Presiden Jokowi: Segera Siapkan Tempat Isolasi!

Kompas.tv - 8 Agustus 2021, 08:30 WIB
lonjakan-kasus-covid-19-geser-ke-luar-pulau-jawa-presiden-jokowi-segera-siapkan-tempat-isolasi
Presiden Jokowi memberikan arahan saat rapat terbatas evaluasi PPKM darurat 16 Juli 2021, Sabtu (17/7/2021). (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepala daerah di luar Pulau Jawa dan Bali untuk mempersiapkan tempat isolasi terpusat.

Langkah ini sebagai respons cepat dalam mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 yang mulai bergeser ke luar Pulau Jawa dan Bali.

Kepala daerah bisa memanfaatkan gedung sekolah, balai pertemuan daerah, gedung olah raga sebagai tempat isolasi terpusat.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Melonjak di Luar Jawa, Jokowi Minta Respons Cepat di 6 Provinsi Ini

Presiden juga meminta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk membantu pemerintah daerah menyiapkan tempat isolasi terpusat.

Terutama di daerah luar Jawa Bali yang saat ini mengalami lonjakan kasus Covid-19.

"Saya lihat beberapa provinsi di Jawa pakai sekolah, pakai balai, gendung-gedung olah raga diberi tempat tidur yang nyaman," ujar Presiden Jokowi saat rapat evaluasi perkembangan dan tindak lanjut PPKM Level 4, Sabtu (7/8/2021).

Presiden Jokowi juga meminta pemerintah daerah dapat berkoordinasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dalam penanganan pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri. 

Presiden mencontohkan di Pulau Jawa ada layanan telemedicine.

Jika layanan tersebut sulit untuk dilakukan, pemerintah daerah dapat membuat saluran telepon sebagai penghubung pasien Covid-19 dengan dokter.

Baca Juga: Presiden Jokowi ke Panglima TNI dan Kapolri: Hati-Hati Pergeseran Lonjakan Kasus di Luar Pulau Jawa

"Libatkan Ikatan Dokter Indonesia, terutama dalam penanganan pasien. Kalau di Jawa ini bisa telemedicine, (di luar Jawa Bali) kalau lewat telepon enggak apa-apa," ujar Presiden Jokowi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x