Kompas TV internasional kompas dunia

Diinterogasi 11 Jam, Gubernur New York yang Terlibat Pelecehan Seksual Malah Menantang Penyidik

Kompas.tv - 5 Agustus 2021, 05:48 WIB
diinterogasi-11-jam-gubernur-new-york-yang-terlibat-pelecehan-seksual-malah-menantang-penyidik
Gubernur New York Andrew Cuomo saat berbicara dalam konferensi pers di Stadion Yankee, New York, Amerika Serikat, Senin (26/7/2021). (Sumber: AP Photo/Richard Drew, File)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Iman Firdaus

NEW YORK, KOMPAS.TV – Para penyidik yang melakukan penyelidikan kasus pelecehan seksual yang diduga dilakukan oleh Gubernur New York Andrew Cuomo, menginterogasi sang gubernur selama 11 jam bulan lalu. Hal itu diungkap The New York Times (NYT) pada Senin (2/8/2021).

Melansir Associated Press pada Selasa (3/8/2021), NYT mewawancarai 5 sumber anonim yang mengetahui proses interogasi sang gubernur.

Harian NYT mengabarkan, pada titik tertentu, suasana interogasi yang direkam berubah tegang. Cuomo dilaporkan menantang salah satu penyidik dan mempertanyakan keadilan dan independensinya.

Saat interogasi usai, para penyidik meninggalkan lokasi interogasi melalui pintu lain hingga tak tertangkap kamera para fotografer.

Baca Juga: Didesak Biden untuk Mundur, Cuomo Bantah Lakukan Pelecehan Seksual

Saat disinggung tentang pertemuannya dengan para penyidik dalam konferensi pers pada Senin, Cuomo menolak berkomentar.

“Saya bilang saya akan kooperatif dan pada saat yang tepat saya akan memberi tanggapan soal itu,” ujar Cuomo. “Tapi sekarang bukan saat yang tepat.”

Jaksa Agung New York Letitia James menugaskan para penyidik untuk menggelar penyelidikan setelah sejumlah perempuan menuding Cuomo telah melakukan pelecehan seksual terhadap mereka. Pelecehan seksual itu di antaranya sentuhan dan ciuman yang tak diinginkan atau komentar tak pantas.

Baca Juga: Gubernur New York Andrew Cuomo Terbukti Lecehkan Banyak Perempuan

Penyelidikan yang dilakukan oleh dua pengacara independen itu menemukan bahwa pemerintahan Cuomo merupakan “lingkungan kerja yang jahat” dan “penuh dengan ketakutan dan intimidasi”.

Pada musim dingin lalu, Cuomo menghadapi tuduhan pelecehan seksual terhadap sejumlah perempuan yang bekerja bersamanya atau yang ia temui dalam kegiatan publik. Cuomo selalu membantahh menyentuh siapa pun dengan cara tak pantas.

Laporan jaksa agung diperkirakan akan memainkan peranan penting dalam penyelidikan yang tengah dilakukan Majelis untuk mencari dasar bagi pemakzulan Cuomo.

Cuomo membantah seluruh tuduhan terhadapnya



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x