Kompas TV olahraga olimpiade tokyo

Pecahkan Rekor Dunia, Atlet Norwegia Raih Emas Lari Gawang 400 Meter

Kompas.tv - 3 Agustus 2021, 12:29 WIB
pecahkan-rekor-dunia-atlet-norwegia-raih-emas-lari-gawang-400-meter
Atlet lari gawang asal Norwegia yang meraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2020 sekaligus memecahkan rekor dunia atas namanya sendiri. (Sumber: Twitter @EuroAthletics)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Purwanto

TOKYO, KOMPAS.TV - Atlet asal Norwegia, Karsten Warholm berjaya di cabang olahraga lari gawang 400 meter putra dengan memecahkan rekor dunia sebelumnya untuk merebut emas Olimpiade Tokyo 2020.

Catatan waktu milik Warholm 45,94 detik tak mampu dikejar atlet Amerika Serikat Rai Benjamin yang harus puas mendapatkan medali perak. 

Torehan waktu luar biasa tersebut juga berhasil memecahkan rekor dunia atas namanya sendiri. Sebelumnya, Warholm mencatatkan rekor baru pada bulan Juli dengan waktu 46,72.

Alison dos Santos dari Brazil melengkapi podium medali dengan meraih perunggu melalui catatan waktu 46,72.

Baca Juga: Atlet Belarusia Dipulangkan Paksa dari Olimpiade, Polandia Tawarkan Visa Kemanusiaan

Usai merebut medali emas dan memecahkan rekor dunia, Warholm melakukan perayaan yang emosional dengan merobek baju yang ia kenakan. 

Mantan juara dunia lari gawang 110 meter, Colin Jackson memuji penampilan luar biasa Warholm. 

Kepada BBC, Jackson mengatakan bahwa rekor yang dicatatkan Warholm akan bertahan lama. 

"Ketika Anda berbicara tentang rekor dunia, di sana ada catatan waktu Usain Bolt 9,58 detik di 100 meter (putra) dan 10,49 detik Flo Jo di 100 meter (putri)," kata Colin Jackson. 

"Ini adalah salah satu rekor dunia yang paling luar biasa dan saya cukup yakin rekor dunia itu akan bertahan lebih lama dari saya."



Sumber : BBC Sport


BERITA LAINNYA



Close Ads x