Kompas TV internasional kompas dunia

Atlet Belarusia Dipulangkan Paksa dari Olimpiade, Polandia Tawarkan Visa Kemanusiaan

Selasa, 3 Agustus 2021 | 03:05 WIB
atlet-belarusia-dipulangkan-paksa-dari-olimpiade-polandia-tawarkan-visa-kemanusiaan
Setelah menolak dipulangkan paksa dari Olimpiade Tokyo dan mencari perlindungan ke polisi Jepang, atlet atletik Belarusia Krystsina Tsimanouskaya beroleh visa kemanusiaan dari Kedutaan Besar Polandia di Tokyo, Jepang, Senin (2/8/2021). (Sumber: AP Photo/Martin Meissner)

TOKYO, KOMPAS.TV – Menyusul drama atlet atletik Belarusia, Krystsina Tsimanouskaya, yang ketakutan dan menolak dipulangkan dari Olimpiade Tokyo, Polandia menyatakan telah memberikan visa kemanusiaan baginya. Hal itu diungkapkan wakil menteri luar negeri Polandia pada Senin (2/8/2021).

Melansir Al Jazeera, sebelumnya, pelari berusia 24 tahun itu menolak dipulangkan dari Tokyo pada Minggu (1/8/2021).

Tsimanouskaya mengklaim, timnya mencoba memaksanya naik ke pesawat, bertentangan dengan keinginannya. Ia kemudian mencari perlindungan pada polisi Jepang.

Baca Juga: Melawan Perintah Pelatih, Atlet Belarusia Ketakutan Seusai Menolak Dipulangkan dari Olimpiade Tokyo

Pada Senin (2/8/2021) sekitar pukul 5 sore waktu setempat, Tsimanouskaya terlihat menyambangi Kedutaan Besar Polandia di Tokyo.

Atlet atletik Belarusia Krystsina Tsimanouskaya tampak memasuki gedung Kedutaan Besar Polandia di Tokyo, Jepang, pada Senin (2/8/2021) sore waktu setempat. (Sumber: NTV via AP)

Wakil Menteri Luar Negeri Polandia Marcin Przydacz mengatakan, Tsimanouskaya telah melakukan kontak langsung dengan para diplomat Polandia di Tokyo. Tsimanouskaya, kata Przydacz, berada dalam keadaan baik dan selamat setelah tiba di Kedubes Polandia.

“Dia telah menerima visa kemanusiaan,” katanya melalui cuitannya di Twitter. “Polandia akan melakukan apa pun yang diperlukan untuk membantunya melanjutkan karier olahraganya.”

Media Polandia melaporkan, Tsimanouskaya seharusnya diperkirakan tiba kembali di Polandia pada pekan ini.

Melansir Associated Press, Yayasan Solidaritas Olahraga Belarusia (BSSF) menyatakan telah membelikan Tsimanouskaya tiket pesawat ke Warsawa untuk hari Rabu (4/8/2021).

Para jurnalis tampak berkumpul di depan Kedutaan Besar Polandia di Tokyo, Jepang, menyusul kedatangan atlet atletik Belarusia Krystsina Tsimanouskaya di sana pada Senin (2/8/2021) sore waktu setempat. (Sumber: AP Photo/Kantaro Komiya)

Sementara itu, sumber di Kementerian Dalam Negeri Ukraina menyebut, suami Tsimanouskaya, Arseni Zhdanevich, telah memasuki wilayah Ukraina. Pun begitu, masih belum jelas apakah Zhdanevizh tengah melakukan perjalanan menuju Polandia untuk bertemu dengan istrinya.

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : AL Jazeera/Associated Press


BERITA LAINNYA


AIMAN

Fakta-Fakta Ekslusif Pembunuhan Ibu dan Anak

Senin, 27 September 2021 | 11:00 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
11:25
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19