Kompas TV klik360 sinau

KA Parahyangan, Kereta Api Legendaris Jakarta-Bandung

Sabtu, 31 Juli 2021 | 10:34 WIB

KOMPAS.TV - Kereta Api Parahyangan merupakan salah satu legenda dalam perkeretaapian di Indonesia. KA Parahyangan melayani rute Bandung-Jakarta dengan layanan kelas bisnis dan eksekutif.

Meski diresmikan pada 31 Juli 1971, perjalanan KA Parahyangan dimulai sejak pemerintahan Hindia Belanda.

Jalur kereta api Batavia-Parahyangan dibangun pada 16 Mei 1884, khususnya untuk mengangkut barang. Jalur Jakarta-Bandung kemudian menjadi favorit warga Belanda karena memiliki pemandangan alam dan hawa yang sejuk.

Pemerintah kolonial mengoperasikan KA Vlugge Vier, kereta ekspres Jakarta-Bandung dengan waktu tempuh di bawah 3 jam. Kereta api yang mengangkut para noni, tuan, mevrouw, dan meneer pun menggunakan loko uap C28, yang pada saat itu menjadi lokomotif tercepat dengan kecepatan 90 km/jam.

Vlugge Vier kemudian menjadi Parahijangan, dan di awal 1970-an berubah nama menjadi KA Parahyangan. Saat awal pengoperasiannya, KA Parahyangan sering beroperasi dengan lokomotif BB301 sebagai penarik.

Sempat jadi primadona untuk bepergian menuju Jakarta atau Bandung, KA Parahyangan dengan 14 kereta dalam satu rangkaian pernah beroperasi pada 1980-an.

Parahyangan juga pernah mencapai 39 perjalanan pada 1998, termasuk perjalanan fakultatif maupun yang hanya berjalan pada musim libur.

Namun, dengan beroperasinya jalan tol Cipularang yang dibuka pada 26 April 2005, menyebabkan penurunan okupansi penumpang KA Parahyangan.

KA Parahyangan melaksanakan perjalanan terakhir Gambir-Bandung pada 26 April 2010, ditarik oleh lokomotif CC20199. Setelah 39 tahun melayani koridor Bandung-Jakarta, KA Parahyangan berhenti beroperasi pada 27 April 2010, dan kini digantikan oleh KA Argo Parahyangan.(*)

Grafis: Arief Rahman

Penulis : Gempita Surya

Sumber : diolah dari berbagai sumber




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:57
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19