Kompas TV internasional kompas dunia

Jurnalis Inggris Digugat Pemilik Chelsea Terkait Buku Kebangkitan Mantan Agen KGB Putin

Kamis, 29 Juli 2021 | 06:03 WIB
jurnalis-inggris-digugat-pemilik-chelsea-terkait-buku-kebangkitan-mantan-agen-kgb-putin
Pemilik klub sepak bola Chelsea Roman Abramovich. Foto diambil di Gothenburg, Swedia, pada 16 Mei 2021. Abramovich menggugat seorang jurnalis Inggris dan penerbitnya atas pencemaran nama baik terkait sebuah buku yang mengisahkan tentang kebangkitan mantan agen KGB yang kini menjadi presiden Rusia, Vladimir Putin. (Sumber: AP Photo/Martin Meissner, File)

LONDON, KOMPAS.TV – Seorang jurnalis Inggris dan penerbitnya digugat atas pencemaran nama baik di pengadilan London pada Rabu (28/7/2021) dari miliuner pemilik klub sepak bola Chelsea Roman Abramovich. Gugatan pencemaran nama baik ini terkait sebuah buku tentang kebangkitan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Buku karya Catherine Belton yang bertitel “Putin's People: How the KGB Took Back Russia and then Took on the West” (”Orang-orang Putin: Bagaimana KBG Mengambil Alih Rusia, Lalu Barat”) menggambarkan kebangkitan mantan agen KGB – dinas rahasi Uni Soviet – Putin dan orang-orang dekatnya ke puncak kekayaan dan kekuasaan pasca perpecahan Uni Soviet pada 1991.

Presiden Rusia Vladimir Putin saat menghadiri pertemuan dengan sejumlah pejabat Rusia di St Petersburg, Rusia, Senin (26/7/2021). (Sumber: Alexei Nikolsky, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)

Belton, mantan koresponden Financial Times Moskow, dan penerbit HarperCollins digugat di Pengadilan Tinggi oleh Abramovich yang kelahiran Rusia.

Menurut Abramovich, klaim dalam buku yang menyebut bahwa ia membeli tim Chelsea pada 2003 atas arahan Putin adalah “salah dan fitnah”. Chelsea, yang bermain di Liga Premier, merupakan salah satu tim sepak bola paling kondang dunia.

Baca Juga: Pengakuan Mantan Agen KGB, Donald Trump Ternyata Aset Rusia

Pengacara Abramovich, Hugh Tomlinson, mengatakan, buku itu memberi kesan bahwa pembelian Chelsea merupakan “bagian dari skema untuk mengorupsi Barat, bertujuan untuk membangun blok di Inggris demi (memperluas) pengaruh Rusia.”

Andrea Caldecott, pengacara Belton dan HarperCollins menyatakan bahwa pembaca buku akan menyimpulkan “ada alasan untuk mencurigai Abramovich bertindak atas arahan Kremlin”. Namun, imbuh Caldecott, buku itu juga memuat “bantahan tegas” dari seseorang yang dekat dengan Abramovich.

Melansir Associated Press, sejumlah kelompok pendukung kebebasan berbicara mengungkapkan kekhawatiran mereka atas kasus ini. Menurut mereka, terlalu mudah bagi orang kaya untuk menggunakan pengadilan Inggris untuk membungkam kritik.

Baca Juga: Roman Abramovich Kucurkan Dana Rp 3 Triliun untuk Chelsea demi Gaet Erling Haaland

Belton juga digugat atas pencemaran nama baik oleh Rosneft, perusahaan energi milik Rusia. Sementara HarperCollins juga menghadapi gugatan dari pengusaha Rusia Mikhail Fridman dan bankir Rusia Petr Aven. Namun, Tomlinson menyebut pada Rabu (27/7/2021) bahwa gugatan-gugatan itu telah diselesaikan.

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:09
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19