Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Uni Eropa Terapkan Kebijakan Karbon Baru, Indonesia Berpeluang Bangun Perekonomian Hijau

Senin, 26 Juli 2021 | 12:41 WIB
uni-eropa-terapkan-kebijakan-karbon-baru-indonesia-berpeluang-bangun-perekonomian-hijau
Ilustrasi pelepasan emisi karbon. (Sumber: Unsplash/Cristi Goia)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Uni Eropa berencana menerapkan mekanisme penyesuaian batas karbon (carbon border adjustment mechanism/CBAM) mulai 2023. Kebijakan itu diyakini berdampak terhadap ekspor Indonesia ke Uni Eropa.

Namun, pelaku industri Indonesia bisa mengambil peluang dari penerapan mekanisme penyesuaian batas karbon di Uni Eropa.

Untuk diketahui, CBAM adalah pengukuran harga karbon yang terkandung dalam barang yang diimpor Uni Eropa (UE) sesuai Sistem Perdagangan Emisi Uni Eropa.

Importir UE akan membeli sertifikat karbon sesuai  harga karbon yang seharusnya dibayarkan seandainya barang diproduksi di bawah aturan penetapan harga karbon UE. Sebaliknya, ketika produsen non-UE dapat menunjukkan bahwa mereka telah membayar harga untuk karbon yang digunakan dalam produksi, biaya terkait dapat dikurangkan sepenuhnya untuk importir UE.

Adapun harga sertifikat dihitung berdasarkan harga lelang rata-rata mingguan tunjangan Sistem Perdagangan Emisi UE yang dinyatakan dalam euro per ton emisi CO2. Sistem pelaporan bagi importir akan mulai berlaku pada 2023 untuk produk dalam skema CBAM.

Menurut ekonom Fakultas Bisnis dan Ekonomi Universitas Indonesia, Fithra Faisal Hastiadi, ruang diplomasi perdagangan untuk menawar penerapan CBAM terbatas, karena menyangkut kebijakan jangka panjang UE, khususnya terkait ambisi menjadi benua pertama yang mencapai iklim netral pada 2050.

Baca Juga: Ditanggung Konsumen, Peneliti Sarankan Pengenaan Pajak Karbon Perlu Dikaji Ulang

”Namun, Indonesia dapat mengambil peluang dari penerapan kebijakan itu untuk membangun industri rendah karbon, ramah lingkungan, dan memenuhi prinsip ekonomi berkelanjutan melalui investasi, khususnya dengan UE. Skema investasi itu dimungkinkan terwujud dalam I-EU CEPA (Perjanjian Kerja Sama Ekonomi Komprehensif antara Indonesia dengan Uni Eropa) yang sedang dibahas,” jelasnya saat dihubungi, Minggu (25/7/2021), dikutip dari Kompas.id.

Lebih lanjut, Fithra menyebut bahwa upaya membangun industri rendah karbon akan menjadi sinyal positif yang menunjukkan pergerakan Indonesia ke arah perekonomian hijau. Hal ini sejalan dengan tren investor global yang cenderung memilih proyek-proyek berbasis ekonomi lestari.

CBAM  disebut sebagai tindakan  yang bertujuan mendukung ambisi UE pada mitigasi iklim. Dalam skema CBAM, produk yang dikategorikan berisiko tinggi sebagai sumber kebocoran karbon terdiri dari besi dan baja, semen, pupuk, aluminium, serta pembangkit listrik.

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas.id


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

ATM Bank Jateng Dibobol Pencuri

Selasa, 21 September 2021 | 12:49 WIB
Berita Daerah

Atlet Paralimpic Jambi Masuki Pelatda

Selasa, 21 September 2021 | 12:45 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
12:56
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19