Kompas TV internasional kompas dunia

3 Hari Terjebak Banjir di Garasi Bawah Tanah, Lelaki di Zhengzhou China Ini Akhirnya Selamat

Senin, 26 Juli 2021 | 03:05 WIB
3-hari-terjebak-banjir-di-garasi-bawah-tanah-lelaki-di-zhengzhou-china-ini-akhirnya-selamat
Sejumlah petugas tampak memperhatikan sebuah terowongan yang terendam banjir di Zhengzhou, provinsi Henan, China tengah, Jumat (23/72021). (Sumber: Chinatopix via AP)

ZHENGZHOU, KOMPAS.TV — Seorang lelaki berhasil diselamatkan setelah terjebak banjir dalam sebuah garasi bawah tanah, menyusul hujan deras berkepanjangan yang melanda kawasan Zhengzhou dan sekitarnya di Provinsi Henan, China tengah, selama beberapa hari terakhir.

Melansir Associated Press pada Minggu (25/7/2021), Li Yongsheng ditemukan pada Jumat (23/7/2021) sore dalam sebuah garasi di bawah Plaza Internasional Jincheng di Distrik Jinshui di Zhengzhou.

Media setempat The Paper melaporkan, Yongsheng terjebak sejak Selasa (20/7/2021) saat banjir merendam garasinya. Dia berbaring di saluran ventilasi dikelilingi mobil-mobil yang terapung.

Usai dievakuasi oleh tim penyelamat, Li segera dilarikan ke rumah sakit dengan cedera yang dideritanya.

Sementara itu, mengutip South China Morning Post, Sekretaris Partai Komunis Henan Lou Yangsheng mengatakan pada Sabtu (24/7/2021), provinsi itu tetap berada dalam status siaga penuh mengantisipasi curah hujan yang masih tetap tinggi.

Menurut Lou, pihak berwenang tengah melakukan pengecekan menyeluruh atas sistem tanggap darurat  di Provinsi Henan.

Penyataan Lou dikeluarkan menyusul banyaknya para pengguna media sosial yang mempertanyakan mengapa sistem kereta bawah tanah di Zhengzhou tidak dimatikan saat pemerintah setempat mengeluarkan peringatan hujan deras, hingga banyak gerbong kereta bawah tanah yang terendam, dan berujung pada tewasnya 12 orang.

Baca Juga: Penumpang Kereta Bawah Tanah di China Terjebak Banjir hingga Seleher Orang Dewasa

Hingga kini, jumlah total korban tewas akibat banjir yang melanda kota Zhengzhou menjadi 58 orang.

Di kota yang berpopulasi 12 juta penduduk ini, sejumlah jenazah dan lebih dari 200 mobil ditemukan dalam Terowongan Jingguang yang terendam hingga ketinggian 13 meter.

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Associated Press/South China Morning Post/Xinhua


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:48
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19