Kompas TV video cerita indonesia

Kreatif Mengurangi Sampah, Daging Kurban Dibungkus Daun Jati

Kompas.tv - 23 Juli 2021, 23:00 WIB
Penulis : Herwanto

BLITAR, KOMPAS.TV - Dalam rangka pengurangan sampah plastik, sebuah masjid di Kota Blitar membungkus daging kurban dengan menggunakan daun jati. Hal itu dilakukan sebagai upaya mengurangi penggunaan plastik yang dapat mencemari lingkungan.

Di tengah pandemi corona, warga desa Gedog kecamatan Sananwetan kota Blitar ini tetap melaksanakan ibadah kurban. Penerapan protokol kesehatan pun diterapkan secara ketat saat pelaksanaan penyembelihan hewan kurban.

Dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban ini, warga juga menggunakan daun jati untuk membungkus daging kurban. Hal itu dilakukan untuk mengurangi penggunaan plastik yang dapat mencemari lingkungan.

Menurut warga penggunaan daun jati jauh lebih ramah lingkungan serta hemat biaya. Selain itu, penggunaan daun jati sebagai bungkus juga membuat aroma daging kurban lebih sedap dan sehat karena terbebas dari bahan kimia plastik.

Sementara itu, dalam idul adha kali ini ada sebanyak 1 ekor sapi dan 6 ekor kambing yang akan disembelih. Seluruh daging tersebut akan dibagikan kepada 300 warga. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x