Kompas TV video cerita indonesia

Wedang Jancuk, Racikan Alami Penambah Imun

Kompas.tv - 22 Juli 2021, 16:25 WIB
Penulis : Herwanto

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Di masa pandemi Covid-19 obat herbal digemari sebagai penambah imunitas tubuh. Di Lumajang ada wedang jancuk yang rasanya enak dan bikin tubuh sehat bugar.

Wifi Corner Cafe di Lumajang menawarkan sebuah minuman bernama wedang jancuk. Bukan berarti umpatan khas Jawa Timur. Nama wedang jancuk merupakan kependekan dari jahe, kencur, jeruk. Selain itu juga ada tambahan serai dan gula aren. Minuman yang dibuat dari campuran rempah-rempah ini dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Untuk membuat wedang jahe ini tidaklah sulit, pertama jahe dan kencur serta serai digeprek kemudian masukkan ke dalam gelas. Selanjutnya, ditambahkan gula aren dan jeruk nipis dan beri air panas dan minuman wedang jancuk pun siap untuk dinikmati.

" Dinamakan wedang jancuk karena untuk memudahkan penyebutan saat membeli. Karena jancuk ini kependekan dari jahe, kencur dan jeruk " ujar pemilik kafe Zainul Abidin. Minggu (18/7/2021).

Awalnya pemilik kafe membuat minuman wedang ini untuk dikonsumsi sendiri pada awal tahun 2020 lalu untuk menjaga imunitas tubuh. Setelah ia meminumnya, ada manfaat yang ia rasakan dari minuman buatannya. Ia pun mencoba menjual minuman ini di kafe miliknya dan direspon positif para pelanggannya.

" Awalnya saya membuat untuk konsumsi sendiri, namun setelah tahu khasiatnya saya mencoba menjual di kafe dan responnya positif " ujar Zainul Abidin.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x