Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Jelang Iduladha, Ini Empat Bagian Kambing yang Paling Enak untuk Dijadikan Sate

Kompas.tv - 19 Juli 2021, 16:14 WIB
jelang-iduladha-ini-empat-bagian-kambing-yang-paling-enak-untuk-dijadikan-sate
Ilustrasi. Empat Bagian Kambing Enak untuk Sate (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Eddward S Kennedy

SOLO, KOMPAS.TV - Saat Iduladha, sate kambing adalah menu andalan yang tidak boleh dilewatkan. Apalagi setelah menerima daging kurban dari panitia penyembelihan di masjid dekat rumah.

Agar sate kambing tidak mengecewakan karena nanti susah digigit, Anda perlu memperhatikan daging yang diterima: apakah lebih cocok untuk dibuat sate atau dimasak dengan olahan lain.

Berikut ini bagian kambing yang enak untuk sate:

Baca Juga: Resep Sate Maranggi Kambing, Empuk dan Lezat Asal Purwakarta

1. Panggul (lamb leg)

Tekstur dari daging panggul ini cenderung lebih empuk daripada bagian lain terutama sengkel. Aroma prengus-nya bahkan tidak terlalu kuat. Hal itu disebabkan kadar lemak di bagian panggul ini lebih sedikit daripada di bagian perut.

2. Has Luar (sirloin)

Tekstur daging pada bagian ini juga empuk, sama dengan panggul. Namun, has luar cenderung memiliki banyak lemak sehingga lebih cocok untuk dijadikan olahan sate, karena nantinya akan menambah citarasa saat dibakar dan dihidangkan. 

Baca Juga: Tips Membakar Sate Kambing Agar Tidak Alot dan Bau Prengus

3. Has Dalam (tenderloin)

Tekstur daging ini merupakan bagian terbaik karena memiliki tekstur yang empuk daripada has luar ataupun sirloin. Tidak hanya sate, biasanya bagian ini juga sering dijadikan sebagai bahan utama tongseng.

4. Bahu (chateaubriand)

Bagian daging kambing yang letaknya di punuk bagian atas kambing ini merupakan bagian mahal jika dijual. Secara tekstur, bagian ini empuk dan sedikit lemak. Selain cocok untuk sate, chateaubriand juga cocok untuk diolah menjadi steak.

Baca Juga: Tips Menghilangkan Bau Prengus Daging Kambing dengan Mudah



Sumber : Kompas TV/Steakysteve


BERITA LAINNYA



Close Ads x