Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Tips Menghilangkan Bau Prengus Daging Kambing dengan Mudah

Kompas.tv - 15 Juli 2021, 05:05 WIB
tips-menghilangkan-bau-prengus-daging-kambing-dengan-mudah
Ilustrrasi daging kambing (Sumber: Pixabay/Black Wolfi)
Penulis : Dian Nita | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah jatuh pada 20 Juli 2021. Biasanya perayaan lebaran haji ini identik dengan daging kurban, baik daging sapi maupun daging kambing.

Mengolah daging kambing sedikit lebih susah dibanding daging sapi karena tekstur yang alot dan bau prengus yang menyengat.

Oleh karena itu, biasanya diperlukan beberapa tips dan trik untuk menghilangkan bau prengus daging kambing. Selain itu, cara-cara ini juga membantu membuat daging kambing lebih empuk.

Berikut KOMPAS TV rangkum cara agar daging kambing tidak bau prengus, dilansir dari berbagai sumber.

Baca Juga: Tak Kalah Lezat dari Rendang dan Sate, Ini 5 Resep Olahan Daging Kurban Antimainstream

1. Jangan Dicuci

Tips menghilangkan bau prengus daging kambing yang pertama adalah tidak mencucinya. Daging mentah yang terkena air, justru akan membuatnya semakin bau dan alot. Membersihkan daging kambing bisa dilakukan dengan cara merebusnya langsung. Apabila sudah mendidih dan muncul buih, buang air rebusan.

2. Rebus dengan Daun Salam

Daun salam memiliki aroma yang khas. Merebus daging kambing dengan daun salam dapat mengurangi bau prengus. Sama seperti pada cara pertama, masukkan beberapa daun salam dan daging kambing ke dalam wajan atau kuali. Rebus hingga mendidih setelah itu, angkat dan tiriskan daging yang sudah matang.

Baca Juga: Nasi Kebuli Palestina dengan Daging Kambing Muda

3. Merebus dengan Jahe dan Kunyit

Rempah-rempah khas Indonesia memiliki aroma yang kuat. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing.

Salah satunya adalah kombinasi jahe dan kunyit. Caranya, bisa langsung dengan memasak daging kambing menggunakan resep yang mengandung kedua bumbu dapur tersebut.

Bisa pula dengan memasukkan jahe dan kunyit yang sudah dihaluskan ke dalam rebusan daging kambing. Aroma khas keduanya terbukti dapat membantu menghilangkan bau khas kambing.

Baca Juga: Tips Mengolah Daging Kurban Menjadi Rawon

4. Marinasi dengan Jeruk Nipis

Tidak banyak yang tahu, jeruk nipis dapat mengurangi bau tak sedap pada daging kambing. Jeruk nipis memang dikenal sebagai salah satu buah yang dapat menghilangkan bau amis.

Cara menghilangkan bau prengus daging kambing menggunakan jeruk nipis adalah dengan teknik marinasi. Lumuri daging dengan perasan jeruk nipis atau limau, diamkan selama 30 hingga 1 jam.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x