Kompas TV tekno internet

Pecahkan Rekor Dunia, Kecepatan Internet Jepang Tembus 319 Terabit per Detik

Kompas.tv - 18 Juli 2021, 22:43 WIB
pecahkan-rekor-dunia-kecepatan-internet-jepang-tembus-319-terabit-per-detik
Ilustrasi internet (Sumber: Istimewa/Kompas.com)
Penulis : Dian Septina | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Peneliti gabungan dari National Institute of Information and Communications Technology (NICT) di Jepang memecahkan rekor dunia untuk kecepatan internet.

Mereka mengklaim, kecepatan internet yang mereka buat memiliki kecepatan 2 kali lebih cepat dari rekor sebelumnya.

Dalam sebuah pernyataan, tim NICT mengaku bahwa mereka berhasil menciptakan transmisi internet dengan kecepatan 319 Terabit per detik (Tb/s). Sekadar informasi, rekor kecepatan internet sebelumnya ada di 178 Tb/s.

Rekor baru ini berkali-kali lipat lebih kencang dibanding kecepatan internet rumahan tercepat yang biasanya berada di angka 10 Gbps.

Baca Juga: Apa Perbedaan Jaringan Internet 5G dan 4G? Ini Penjelasannya

Dikutip dari Vice, Minggu (18/7/2021), NICT menguji kecepatan internet tersebut di laboratorium dengan menggunakan teknologi serat optik yang paling canggih.

NICT mengandalkan infrastruktur kabel serat optik sepanjang 3.000 km yang sudah ada. Kemudian, infrastruktur tersebut didukung dengan sejumlah teknologi lainnya.

Salah satu teknologi yang dimaksud adalah kabel optik yang terdiri dari empat inti (4-core) memungkinkan mentransmisikan data dengan cepat dari serat optik satu inti (single-core).

Sebagai informasi, kecepatan internet paling ngebut saat ini yang sudah dirasakan masyarakat, yaitu dengan menggunakan jaringan 5G. Namun, kecepatan internet 5G 'hanya' menyentuh 1-10 Giga per detik.

Baca Juga: Bakal Pensiun di 2022, Selamat Tinggal Internet Explorer



Sumber : Vice


BERITA LAINNYA



Close Ads x