Kompas TV tekno internet

Apa Perbedaan Jaringan Internet 5G dan 4G? Ini Penjelasannya

Kompas.tv - 31 Mei 2021, 10:03 WIB
apa-perbedaan-jaringan-internet-5g-dan-4g-ini-penjelasannya
Foto yang diabadikan pada 30 Mei 2019 menunjukkan logo jaringan 5G pada sebuah layar ponsel di London, Inggris. (Sumber: Xinhua/Alberto Pezzali)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Masyarakat Indonesia menyambut baik jaringan internet generasi terbaru, 5G, yang baru saja diluncurkan di Indonesia, Kamis (27/5/2021).

Adalah Telkomsel, operator pertama yang menyediakan layanan 5G di Indonesia. Telkomsel bahkan sudah mendapatkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Melansir Verizon, Senin (31/5/2021), arti “G” dalam 5G merupakan singkatan dari generasi, jadi 5G adalah generasi terbaru dari jangkauan dan kecepatan jaringan telepon seluler.

Baca Juga: Cek Daftar Ponsel yang Bisa Akses Jaringan 5G Telkomsel

Perbedaan antara 5G dan 4G

5G Ultra Wideband merupakan tahap lanjutan dalam membangun jaringan yang lebih baik. Jaringan internet 5G memiliki frekuensi yang jauh lebih tinggi ketimbang 4G, di mana bandwidth yang digunakan juga jauh lebih besar.

"Artinya, semua orang dapat menggunakan data dengan paket tak terbatas dan mendukung pengguna 5G tanpa gangguan layanan," demikian laporan dari Verizon.

Mengutip Iselect, secara teori 5G memiliki kecepatan 20 kali lebih cepat daripada 4G. 4G memiliki kecepatan puncak 1GB per detik, sementara 5G dapat mencapai 20GB per detik.

Artinya, jika pengguna 4G mendapat kecepatan 10MB per detik, maka pengguna 5G mendapat kecepatan hingga 100MB per detik.

Baca Juga: Jaringan 5G Telkomsel Sudah Bisa Dinikmati, Ini Harga Paket Datanya!



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x