Kompas TV tekno internet

Bakal Pensiun di 2022, Selamat Tinggal Internet Explorer

Kompas.tv - 29 Mei 2021, 20:28 WIB
bakal-pensiun-di-2022-selamat-tinggal-internet-explorer
Ilustrasi Microsoft (Sumber: Kompas.com/Telegraph)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Microsoft akan pensiunkan browser bawaan Windows 10, yakni Internet Explorer di tahun 2022. Browser yang sudah beroperasi selama lebih dari 25 tahun tersebut dianggap sudah usang. Microsoft akan menggantinya dengan wajah baru sebagai browser-nya, yaitu Microsoft Edge.

Microsoft mengumumkan hal tersebut lewat blog resminya. Bersamaan dengan itu, Microsoft juga mengumumkan road map terkait pensiunnya Internet Explorer di Windows 10.

“Kami mengumumkan bahwa Internet Explorer masa depan di Windows 10 adalah Microsoft Edge,” tulis Sean Lyndersay, program manager Microsoft Edge.

Tanggal 19 Mei 2021, Microsoft mengumumkan segera pensiunkan Internet Explorer 11. Disusul, tanggal 17 Agustus 2021 mendatang, dukungan Microsoft 365 dan aplikasi lainnya di Internet Explorer 11 bakal dihentikan. Serta terakhir, tepat tanggal 15 Juni 2022, Internet Explorer 11 resmi pensiun dari Windows 10.

Baca Juga: Bill Gates Dikabarkan Ketahuan Selingkuh dengan Karyawan Microsoft

Salah satu alasan mengapa Microsoft pensiunkan Internet Explorer 11 adalah karena browser Microsoft Edge dianggap sudah memumpuni. Terlebih, MIcrosoft Edge juga mempunyai segudang fitur yang disempurnakan dari Internet Explorer.

Soal kompabilitas, Microsoft Edge juga memiliki mode khusus Internet Explorer ("IE mode"), jadi masih bisa mengakses situs atau website yang masih mengusung teknologi lawas.

Dengan keputusan yang diambil terkait pensiunkan Internet Explorer, Microsoft merekomendasikan penggunanya supaya melakukan transisi ke Microsoft Edge sebelum 15 Juni 2022.

Menurut Microsoft, Microsoft Edge menghadirkan pengalaman browsing yang lebih modern, aman dan cepat.

Baca Juga: Studi Microsoft Ungkap WFH Bikin Gen-Z Lebih Stres Bekerja

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x