Kompas TV internasional kompas dunia

Kasus Baru dan Kematian Melonjak pada Kaum Anti-Vaksinasi Covid-19, Pemerintahan Joe Biden Kerepotan

Minggu, 18 Juli 2021 | 01:44 WIB
kasus-baru-dan-kematian-melonjak-pada-kaum-anti-vaksinasi-covid-19-pemerintahan-joe-biden-kerepotan
Presiden Joe Biden mencoba mendengar pertanyaan yang dilontarkan wartawan saat dia menuju Marine One di South Lawn Gedung Putih di Washington, Jumat, 16 Juli 2021, untuk menghabiskan akhir pekan di Camp David. (Sumber: AP Photo/Susan Walsh)

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Hanya dua minggu setelah merayakan hampir "kemerdekaan" Amerika dari virus corona, Presiden Joe Biden menghadapi kenyataan mengkhawatirkan dari meningkatnya kasus positif Covid-19 dan angka kematian, di tengah keterbatasan kemampuannya untuk memerangi keragu-raguan yang terus-menerus atas vaksin Covid-19.

Kasus Covid-19 meningkat tiga kali lipat selama tiga minggu terakhir, dan rawat inap serta kematian meningkat di antara orang yang tidak divaksinasi.

Sementara laju kasus positif baru masih jauh dari tingkat tertinggi Amerika Serikat bulan Januari lalu, para pejabat prihatin dengan apa yang mereka anggap sebagai infeksi dan kematian yang tidak perlu.

Penambahan kasus baru Covid-19 diperkirakan akan terus meningkat dalam beberapa minggu mendatang.

Walau keadaan darurat nasional mungkin sudah berakhir, para pejabat mengatakan wabah itu saat ini menjadi krisis yang lebih terbatas di komunitas yang memiliki tingkat vaksinasi Covid-19 rendah.

“Lihat, satu-satunya pandemi yang kita miliki adalah di antara yang tidak divaksinasi,” kata Biden pada hari Jumat (17/07/2021), meneruskan pendapat Dr Rochelle Walensky, direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit CDC.

Lonjakan kasus infeksi baru Covid-19 disebabkan besarnya kasus infeksi di antara lebih dari 90 juta orang Amerika yang memenuhi syarat vaksinasi Covid-19, namun belum mendapatkan suntikan dengan berbagai alasan.

40% dari kasus baru minggu lalu terjadi di 4 negara bagian dengan tingkat vaksinasi Covid-19 rendah, dan hampir setengahnya berasal dari Florida saja.

Gedung Putih jelas enggan kembali mewajibkan penggunaan masker dan upaya lain, karena 161 juta orang Amerika sudah sepenuhnya divaksinasi.

Baca Juga: Amerika Serikat Dibayangi Risiko Corona Warga yang Tidak Divaksin

Kepala CDC Dokter Rochelle Walensky. “Lihat, satu-satunya pandemi yang kita miliki adalah di antara yang tidak divaksinasi,” kata Biden pada hari Jumat, (17/07/2021). (Sumber: Jim Lo Scalzo/Pool via AP)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Pasar Sepi Setelah PPKM Level 4

Jumat, 17 September 2021 | 20:46 WIB
Berita Daerah

Mobil Dinas Bupati Merangin Kecelakaan

Jumat, 17 September 2021 | 20:36 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
20:53
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19