Kompas TV nasional sosial

4 Isu Penting yang Disoroti KPAI Jelang Hari Anak Nasional, Perlu Perbaikan

Kompas.tv - 17 Juli 2021, 15:23 WIB
4-isu-penting-yang-disoroti-kpai-jelang-hari-anak-nasional-perlu-perbaikan
Ilustrasi anak Indonesia. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jelang Hari Anak Nasional 2021, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyoroti empat isu yang perlu diperbaiki.

Ketua KPAI Susanto menyebut momen tersebut sebagai kesempatan yang harus dimanfaatkan untuk refleksi, evaluasi, sekaligus perbaikan kebijakan atas perlindungan anak di tengah pandemi.

"Di tahun ini kami berharap, Hari Anak Nasional jadi momentum untuk melakukan perbaikan di empat isu," kata Susanto, dikutip dari Antara, Sabtu (17/7/2021).

Isu yang paling utama yakni perlindungan anak dari sisi kesehatan, mengingat saat ini kasus Covid-19 di Indonesia sedang mengalami peningkatan.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 Aman untuk Anak, IDAI Jakarta Sebut KIPI Tak Banyak Ditemukan

"Anak yang terpapar Covid-19 cukup tinggi di Indonesia. Tentu butuh upaya lebih serius lagi, upaya yang sistematis dan terprogram," ujar Susanto.

Dalam Rapat Koordinasi Nasional, 30 Juni lalu, KPAI pun telah memberi sejumlah rekomendasi cara untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 pada anak dan proyeksi kesiapan layanan kesehatan yang ramah anak.

Kepada seluruh fasilitas kesehatan, KPAI meminta adanya transparansi data kasus Covid-19 pada anak di Indonesia, yang selalu diperbarui setiap hari dan sudah dikelompokan ke rentang usia nol sampai 18 tahun.

Dengan begitu, masyarakat akan dapat memantau langsung perkembangan kasus Covid-19 pada anak dan terus meningkatkan kewaspadaannya.

Baca Juga: Banyak Anak Tertular Covid-19, Ini Daftar Makanan dan Vitamin Penambah Daya Tahan Tubuh




Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x