Kompas TV video cerita indonesia

Ratusan Warga Binaan Lapas IIA Kerobokan Bali Jalani Vaksinasi Covid-19

Kompas.tv - 9 Juli 2021, 22:00 WIB
ratusan-warga-binaan-lapas-iia-kerobokan-bali-jalani-vaksinasi-covid-19
Vaksin Covid-19 buatan Pfizer dan BioNTech (Sumber: BioNTech via Xinhua)
Penulis : Herwanto

BALI, KOMPAS.TV – Ratusan warga binaan di Lapas Kelas II A Kerobokan Bali menjalani vaksinasi Covid-19, Jumat (8/7) pagi. Kegiatan vaksinasi dilakukan selama tiga hari dengan menyasar 1.637 warga binaan yang ada di lapas Kerobokan, Badung, Bali.

Kepala Kantor Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Bali Jamaruli Manihuruk mengatakan vaksinasi bagi warga binaan dan petugas di Lapas Kelas IIA Kerobokan Denpasar sudah dilakukan sejak Kamis (8/7), bertempat di Aula Ardha Candra Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kerobokan.

 "Vaksinasi digelar bagi Petugas Pemasyarakatan dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Vaksinasi ini bertujuan untuk dapat meminimalisir terpaparnya Petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan dari covid-19 di Lapas Kerobokan," katanya, Jumat (9/7) pagi.

Kegiatan vaksinasi terselenggara atas kerja sama Lapas Kelas II A Kerobokan dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Badung dimana dalam periode vaksinasi tahap pertama ini dilaksanakan pada tanggal 8 Juli 2021 sampai 10 Juli 2021 yang akan diikuti oleh 1.637 orang WBP.

Pada tanggal 8 Juli 2021, kegiatan vaksinasi dijalankan oleh 21 orang petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Badung. Di hari pertama ini sudah ada 679 orang Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas II A Kerobokan yang divaksin.

"Kemudian hari ini kegiatan vaksinasi akan dilanjutkan dengan target 600 orang Warga Binaan Pemasyarakatan yang belum mendapatkan giliran vaksin," tuturnya.

Sebelumnya, petugas dan WBP yang akan mengikuti kegiatan vaksinasi ini dilakukan skrining terlebih dahulu oleh petugas kesehatan untuk memastikan kondisi tubuh mereka benar-benar sehat serta dinyatakan dapat mengikuti kegiatan vaksinasi.

Setelah disuntik vaksin peserta akan diarahkan duduk untuk observasi selama 30 menit untuk dilihat apakah ada gejala atau tidak. Kegiatan vaksinasi berjalan dengan lancar serta tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penularan covid-19.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x