Kompas TV internasional kompas dunia

Pesawat yang Hilang Kontak di Timur Rusia Diduga Jatuh dan Seluruh Penumpangnya Tewas

Selasa, 6 Juli 2021 | 21:57 WIB
pesawat-yang-hilang-kontak-di-timur-rusia-diduga-jatuh-dan-seluruh-penumpangnya-tewas
Sebuah pesawat Antonov An-26 tampak terparkir di Bandara Elizovo, Petropavlovsk-Kamchatsky, Russia, Selasa (17/11/2020). (Sumber: AP Photo/Marina Lystseva)

MOSKOW, KOMPAS.TV – Sebuah pesawat yang mengangkut 28 orang tampaknya jatuh saat mencoba mendarat di tengah cuaca buruk pada Selasa (6/7/2021) di Timur Jauh Rusia. Seluruh penumpang dan awak pesawat dikhawatirkan tewas.

Melansir Associated Press, puing-puing pesawat Antonov An-26 itu ditemukan di dekat bandara di kota Palana. Pihak berwenang setempat menyebut, pesawat itu tengah mendekati kabut dan awan saat tak melakukan komunikasi yang dijadwalkan dan menghilang dari radar.

Badan Penerbangan Federal Rusia Rosaviatsiya mengatakan, bagian-bagian pesawat telah ditemukan sekitar 5 kilometer dari landas pacu bandara. Kantor berita Pacific Fleet melaporkan, bagian badan pesawat ditemukan di sisi sebuah gunung, dan bagian lainnya mengambang di Laut Okhotsk.

Baca Juga: Pesawat Berpenumpang 28 Orang Hilang Kontak di Timur Jauh Rusia, Operasi Pencarian Dikerahkan

Sergei Gorb, wakil direktur Kamchatka Aviation Enterprise, mengatakan, pesawat itu “telah menabrak tebing laut” yang tak berada dalam lintasan pendaratannya.

Pesawat angkut militer dan sipil bermesin turboprop ganda itu dimiliki sebuah perusahaan bernama Kamchatka Aviation Enterprise (KAE) yang berbasis di Yelizovo, Rusia.

Kantor berita Rusia Tass melaporkan, pesawat itu telah beroperasi sejak tahun 1982. Direktur perusahaan, Alexei Khabarov, menyatakan pada kantor berita Interfax bahwa secara teknis, pesawat itu berada dalam kondisi sehat.

Tass menyebut, sertifikat kelaikan terbang pesawat itu akan berakhir pada 30 Agustus tahun ini.

Baca Juga: Korban Tewas Pesawat Militer Filipina Jadi 50 Orang, Tentara yang Lompat Keluar Berhasil Selamat

Menurut laporan media Rusia, tak ada seorang pun, baik dari 6 awak pesawat maupun 22 penumpangnya yang selamat.

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:36
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19