Kompas TV nasional politik

Ditunjuk Jadi Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali, PKS: Di Mana Sentuhan Magic Pak Luhut?

Kompas.tv - 30 Juni 2021, 12:51 WIB
ditunjuk-jadi-koordinator-ppkm-darurat-jawa-bali-pks-di-mana-sentuhan-magic-pak-luhut
Politikus PKS Mardani Ali Sera (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan sebagai Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat untuk Pulau Jawa dan Bali.

Menanggapi hal itu, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mempertanyakan penunjukan Luhut tersebut. Sebab, dirinya menilai selama ini pun ketika jenderal bintang empat itu menjadi wakil ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN),  tak membawa dampak baik terhadap penanganan pandemi di Tanah Air. 

Baca Juga: Anies Sebut PPKM Darurat di Pulau Jawa Dalam Tahap Finalisasi, akan Ada Aturan Jam Operasional

Menurut dia, Luhut itu kerap mendapat penilaian yang spesial dari Jokowi, sehingga yang bersangkutan selalu dipercaya ketika menangani masalah di pemerintahannya. 

"Pak Luhut ini keren di mata Pak Jokowi. Wajar nyebar itulah 4 L (Luhut Lagi-Luhut Lagi). Tapi, fakta positivity rate kita tinggi adalah kenyataan. Data bahwa ekonomi kita masih belum normal ada datanya di BPS. Bahkan antrian panjang di banyak RS kita dapat terlihat dalam foto-foto yang tersebar. Jadi di mana sentuhan magic Pak Luhut?," kata Mardani saat dihubungi, Rabu (30/6/2021). 

Ia mengaku dirinya tak begitu optimistis kepemimpinan Luhut dapat menekan angka kasus Covid-19. 

"Tidak yakin, bahkan khawatir dari awal pendekatannya ke hilir. Mestinya dari hulu. Penguatan wewenang dan anggaran di tingkat RT dan RW," ujarnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Menko Marves Jodi Mahardi membenarkan bahwa Menko Luhut Binsar mendapat tugas dari Presiden, yakni sebagai koordinator PPKM darurat.

Jodi juga menjelaskan, PPKM darurat yang akan dilakukan bukan seperti lockdown serta informasi yang beredar di media sosisal dan grup whatsApp.

Jodi menjelaskan supermarket, mal, dan sektor-sektor esensial lainnya akan tetap beroperasi. Namun untuk jam operasinal nantinya akan dipersingkat dan protokol kesehatan lebih diketatkan.

Baca Juga: Berencana Terapkan PPKM Darurat, Pimpinan Komisi IX: Pemerintah Jangan Buat Bingung Masyarakat

"Pengumuman resmi akan disampaikan oleh pemerintah," ujar Jodi Mahardi dalam pesan tertulis, Selasa (29/6/2021).
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x