Kompas TV olahraga kompas sport

Gagal di Euro 2020, Frank De Boer Mundur dari Timnas Belanda

Kompas.tv - 29 Juni 2021, 22:35 WIB
gagal-di-euro-2020-frank-de-boer-mundur-dari-timnas-belanda
Frank De Boer mengundurkan diri dari posisi pelatih timnas Belanda usai kegagalan di Euro 2020. (Sumber: Twitter @OnsOranje)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Frank De Boer memutuskan mundur dari jabatan pelatih kepala tim nasional (Timnas) Belanda usai kegagalan di Euro 2020.

Tampil menjanjikan di fase penyisihan grup dengan mencatatkan tiga kemenangan atas Ukraina, Austria dan Makedonia Utara, Belanda menghadapi Republik Ceko di babak 16 besar Euro 2020 dengan percaya diri. 

Namun, keberuntungan tak berpihak kepada Belanda di babak gugur. 

Bermain dengan minus satu pemain setelah De Ligt mendapatkan kartu merah, Belanda harus gigit jari di akhir laga setelah Republik Ceko mampu mencetak dua gol kemenangan. 

Belanda yang kembali bermain di turnamen besar setelah absen di Euro 2016 dan Piala Dunia 2018 pun harus menerima kenyataan tersingkir di babak 16 besar. 

Usai tersingkir dari Euro 2020, KNVB selaku induk sepak bola di Belanda akhirnya mengeluarkan pernyataan terkait nasib dari pelatih Frank De Boer. 

Baca Juga: Hasil 16 Besar Euro 2020: De Ligt Kartu Merah, Belanda Disingkirkan Republik Ceko 0-2

Dalam statemen yang dikeluarkan pada Selasa (29/6/2021) malam WIB, De Boer memilih tak melanjutkan pekerjaannya di Belanda usai gagal mencapai perempatfinal di Euro 2020.

"Untuk mengantisipasi evaluasi, saya telah memutuskan untuk tidak melanjutkan sebagai pelatih nasional. Tujuan belum tercapai, itu jelas," kata De Boer dikutip dari laman resmi KNVB. 

"Ketika saya didekati untuk menjadi pelatih nasional pada 2020, saya pikir itu suatu kehormatan dan tantangan, tetapi saya juga menyadari tekanan yang akan datang kepada saya sejak saya ditunjuk, tekanan itu meningkat sekarang, dan itu bukan situasi yang sehat bagi saya, juga untuk skuad menjelang pertandingan penting bagi sepak bola Belanda dalam perjalanannya menuju kualifikasi Piala Dunia."

"Saya ingin berterima kasih kepada semua orang, tentu saja para penggemar dan para pemain. Pujian saya juga kepada manajemen yang telah menciptakan iklim olahraga yang benar-benar top di sini di Kampus."

Sementara itu, Direktur Sepak Bola KNVB Nico-Jan Hoogma juga mengucapkan terima kasih terkait apa yang sudah dilakukan De Boer bagi Belanda. 

Hoogma pun berharap bisa segera menemukan pengganti yang tepat karena di bulan September mendatang Belanda sudah ditunggu laga penting di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar. 

Baca Juga: Jelang Belanda Vs Ceko di 16 Besar Euro 2020, Rekor Duel Tidak Memihak De Oranje

"Seorang pengganti sekarang harus saya temukan, setelah konsultasi internal yang baik. Sangat penting untuk melakukannya, karena 1 September kami akan memainkan pertandingan kualifikasi penting melawan Norwegia di Oslo."

"Kami sekarang akan mengevaluasi lebih jauh, lebih luas dari sekedar pelatih, mempertajam profil, melakukan pekerjaan yang bisa diharapkan dari kami di sini," pungkas Hoogma.  



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x