Kompas TV internasional kompas dunia

Tuntut Pembayaran Gaji Ketika Siaran Langsung, Presenter TV di Zambia Malah Dipecat

Kompas.tv - 26 Juni 2021, 16:37 WIB
tuntut-pembayaran-gaji-ketika-siaran-langsung-presenter-tv-di-zambia-malah-dipecat
Tangkapan layar dalam potongan video yang menunjukkan seorang presenter televisi di Zambia Kabinda Kalimina mengaku bahwa dia dan rekan-rekannya belum digaji oleh perusahaan medianya saat siaran langsung. (Sumber: Kompas.com/FACEBOOK KALIMINA KABINDA)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Fadhilah

LUSAKA, KOMPAS.TV - Kabinda Kalimina menuntut pembayaran gaji miliknya dan rekan-rekannya kepada perusahaan media tempat dirinya bekerja. Tuntutan tersebut dilakukan saat Kalimina membawakan siaran langsung.

Kalimina yang bekerja untuk stasiun televisi Zambia, KBN TV, menginterupsi program setelah membawakan sejumlah berita secara live pada Sabtu (19/06/2021). Dia mengungkapkan bahwa dirinya dan rekan-rekannya belum digaji.

"Jauh dari berita, bapak, ibu, kita ini manusia. Kita harus di bayar. Sayangnya di KBN kami belum digaji. Sharon dan semua orang belum digaji, termasuk saya," ujar Kalimina dalam acara tersebut.

Baca Juga: 3 Tuntutan Warga yang Demo di Balai Kota Surabaya, Wali Kota Eri Cahyadi Didesak Minta Maaf

Namun, seperti diberitakan Kompas.com, Sabtu (26/06/2021), KBN TV malah memecat Kalimina dan belum membayarkan gaji karyawannya.

Melalui laman Facebook-nya Kalimina membagikan rekaman video tersebut beserta sejumlah keterangan.

“Ya, saya melakukannya di siaran langsung, hanya karena sebagian besar jurnalis takut untuk berbicara, bukan berarti jurnalis tidak boleh berbicara,” jelas Kalimina.

 

Yes I did that on live TV, just because most journalists are scared to speak out doesn't mean journalists shouldn't speak out

Posted by Kalimina Kabinda on Saturday, June 19, 2021

Rekaman video tersebut telah dilihat ribuan kali dan dibagikan oleh pengguna Facebook. Banyak orang mendukung para staf KBN TV dan menuntut agar gaji mereka segera dibayarkan.

KBN TV menuduh apa yang dilakukan Kalimina ketika menyuarakan tuntutannya sedang dalam keadaan mabuk. Selain itu mereka juga mengecap perliaku Kalimina tersebut sangat tercela.

Baca Juga: Meski WFH, Raffi Ahmad Malah Tambah Gaji Karyawannya 20 Persen

Kennedy Mambwe, Kepala Eksekutif KBN TV terkejut dengan apa yang dilakukan pewarta tersebut ketika siarang langsung.

"Masyarakat mungkin ingin mengetahui KBN TV, seperti lembaga lainnya, memiliki prosedur pengaduan yang sangat baik untuk semua staf untuk dapat menyalurkan keluhan mereka," tulis Mambwe dalam rilis KBN TV melalui Facebook.

"Oleh karena itu, perilaku Kabinda Kalimina tadi malam di luar karakter dan tidak mewakili siapa kami sebagai stasiun televisi,” lanjutnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x