Kompas TV regional berita daerah

Hari Pertama PPDB Tingkat SMP, Pendaftaran Jalur Afirmasi Membludak

Kompas.tv - 21 Juni 2021, 18:52 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

KEDIRI, KOMPAS.TV- Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri melakukan sidak hari pertama penerimaan peserta didik baru tingkat SMP. Hasilnya petugas menemukan jumlah pendaftar di beberapa sekolah telah melebihi kuota PPDB dari jalur Afirmasi.

Sidak hari pertama penerimaan peserta didik baru ini dilakukan di SMP 1 Ngasem. Semua proses PPDB mulai dari pendaftaran hingga verifikasi persyaratan, diperiksa langsung oleh petugas dari Dinas Pendidikan.

Di hari pertama PPDB tingkat SMP ini, petugas menemukan jumlah pendaftar di beberapa sekolah telah melebihi kuota dari jalur Afirmasi. Bahkan temuan di beberapa sekolah terkait kelebihan pendaftar jalur Afirmasi itu mencapai dua kali lipat dari batas kuota.

Untuk mengatasi hal itu, Dinas Pendidikan akan melakukan seleksi dengan metode zonasi. Para siswa yang telah mendaftar akan ditempatkan sesuai dengan zona jarak tempat tinggal dengan sekolahan.

Jalur Afirmasi sendiri diperuntukkan bagi siswa kurang mampu serta difabel. Dimana rata-rata setiap sekolah memiliki kuota 40 hingga 50 siswa baru yang diterima dari jalur afirmasi.

PPDB tingkat smp di Kabupaten Kediri sendiri digelar mulai tanggal 21 hingga 26 juni 2021. Sistem pendaftaran juga dilakukan secara kolektif, untuk mencegah penyebaran virus corona.

#Kediri #PPDB #Sekolah #Pendidikan #Afirmasi #Beritakediri

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x