Kompas TV internasional kompas dunia

China Nyatakan Sudah Suntik 1 Miliar Dosis Vaksin Covid-19 kepada Penduduknya

Kompas.tv - 20 Juni 2021, 19:13 WIB
china-nyatakan-sudah-suntik-1-miliar-dosis-vaksin-covid-19-kepada-penduduknya
Seorang anak yang mengenakan masker untuk melindungi diri dari Covid-19 melewati poster dengan slogan Terima vaksinasi COVID-19, bersama-sama membangun Tembok Besar Kekebalan di Beijing pada 2 Februari. 14, 2021. (Sumber: AP Photo/Ng Han Guan)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

BEIJING, KOMPAS.TV - Komisi Kesehatan Nasional China mengklaim jumlah suntikan Covid-19 yang diberikan di China telah melewati angka satu miliar. Vaksinasi ini lebih dari sepertiga dari dosis yang diberikan di seluruh dunia, seperti dilansir Arab News, Minggu (20/6/2021).

Pengumuman itu muncul saat jumlah suntikan vaksin yang sudah dilakukan secara global melampaui 2,5 miliar dosis pada hari Jumat, menurut hitungan AFP dari sumber resmi seperti dilansir Arab News.

Tidak jelas berapa persentase populasi China yang sekarang telah disuntik vaksin. Namun upaya vaksinasi mereka dimulai dengan lambat, menyusul keberhasilan meredam virus yang menurunkan rasa urgensi warga China untuk disuntik vaksin Covid-19.

Kurangnya transparansi dan skandal vaksin yang terjadi sebelumnya juga menyebabkan resistensi di antara warga.

Pihak berwenang China menetapkan target ambisius untuk memvaksinasi 40 persen dari hampir 1,4 miliar penduduk negara itu pada akhir bulan ini.

Beberapa provinsi menawarkan vaksin gratis untuk mendorong orang menyingsingkan lengan baju mereka.

Penduduk di provinsi Anhui tengah mendapat telur gratis, sementara beberapa yang tinggal di Beijing mendapat kupon belanja, sebagai imbalan kesediaan mengikuti vaksinasi.

Baca Juga: China Sudah Vaksin 800 Juta Lebih Warga

Seorang staf memeriksa kualitas kemasan produk vaksin COVID-19 nonaktif di sebuah pabrik pengemasan milik Beijing Biological Products Institute Co., Ltd. di Beijing, ibu kota China, pada 25 Desember 2020. (Sumber: Xinhua/Zhang Yuwei)

Wabah baru-baru ini dari varian virus Delta yang lebih menular di kota selatan Guangzhou juga menjadi peringatan bagi banyak orang China yang selama ini bimbang dan ragu.

China melaporkan 23 kasus baru virus corona pada hari Minggu.

Negara ini memiliki empat vaksin yang disetujui secara bersyarat, di mana tingkat kemanjuran yang dipublikasikan tetap berada di belakang vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna, yang masing-masing memiliki tingkat keberhasilan 95 persen dan 94 persen.

Sinovac China sebelumnya mengatakan uji coba suntikannya di Brasil menunjukkan sekitar 50 persen kemanjuran dalam mencegah infeksi dan 80 persen dalam mencegah kasus yang memerlukan intervensi medis.

Baca Juga: World Vaccine Update Eps 21 : Cerita Dubes Indonesia Untuk China Soal Vaksinasi di China

Dua vaksin Sinopharm memiliki tingkat kemanjuran masing-masing 79 persen dan 72 persen, sedangkan kemanjuran keseluruhan untuk vaksin besutan CanSino mencapai 65 persen setelah 28 hari.

Banyak dari penerima vaksin yang membutuhkan dua dosis.

China diperkirakan akan memproduksi lebih dari tiga miliar dosis vaksin tahun ini, kantor berita Xinhua melaporkan pada bulan April.

Otoritas kesehatan belum mengatakan kapan China akan mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok, atau berapa proporsi dosis vaksinnya yang akan dijual ke luar negeri.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x