Kompas TV internasional kompas dunia

Berlian 1.098 Karat Ditemukan di Botswana, Disebut Sebagai yang Terbesar Ketiga di Dunia!

Kompas.tv - 17 Juni 2021, 12:40 WIB
berlian-1-098-karat-ditemukan-di-botswana-disebut-sebagai-yang-terbesar-ketiga-di-dunia
Presiden Botswana Mokgweetsi Masisi saat memamerkan batu berlian terbesar ketiga di dunia di Gaboron, pada Rabu (16/6/2021). (Sumber: MONIRUL BHUIYAN/AFP)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Purwanto

GABORONE, KOMPAS.TV - Batu berlian dengan kandungan 1.098 karat telah ditemukan di Botswana, Afrika Selatan, Selasa (01/06/2021) silam.

Penemuan berlian tersebut baru dipamerkan di ibu kota Gaborone oleh perusahaan tambang Debswana, Rabu (16/06/2021) kemarin. Acara tersebut dihadiri oleh Presiden Botswana Mokgweetsi Masisi.

Berlian yang belum dinamakan itu memiliki ukuran panjang 73 mm, lebar 52 mm, dengan ketebalan 27 mm.

Baca Juga: Rapper Lil Uzi Vert Tindik Dahinya Pakai Berlian, Lil Uzi: Cantik Itu Luka

Lynette Armstrong, Direktur Manajemen Debwana mengungkap batu berlian ini merupakan terbesar ketiga di dunia yang pernah ditemukan.

"Batu langka dan luar biasa. Ini sangat berarti dalam konteks berlian dan Botswana. Penemuan ini memberikan harapan bangsa yang sedang kesusahan," jelas Armstrong seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (17/06/2021).

Selain itu batu permata merupakan penemuan terbesar pertama dalam sejarah Debswana. Diketahui Botswana dikenal sebagai negara dengan produsen berlian di Afrika.

Baca Juga: Polisi Prancis dan Spanyol Ringkus Geng Pencuri Berlian Ungu Langka Senilai Rp 255 Milyar

Sebelumnya berlian terbesar pernah ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1905. Dinamakan Cullinan, batu permata tersebut memiliki kandungan sebesar 3.106 karat.

Berlian terbesar kedua dinamakan Lesedi La Rona dan memiliki kandungan 1.109 karat. Permata seukuran bola tenis ini ditemukan di timur laut Botswana pada 2015.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x