Kompas TV internasional kompas dunia

Polisi Prancis dan Spanyol Ringkus Geng Pencuri Berlian Ungu Langka Senilai Rp 255 Milyar

Kompas.tv - 19 Februari 2021, 00:12 WIB
polisi-prancis-dan-spanyol-ringkus-geng-pencuri-berlian-ungu-langka-senilai-rp-255-milyar
Berlian ungu yang langka. Foto bersumber dari satuan kepolisian Catalunya Mossos d' esquadra, Spanyol, Kamis (18/2). (Sumber: Mossos d'esquadra via AP)
Penulis : Vyara Lestari

BARCELONA, KOMPAS.TV – Sekelompok pencuri berlian yang menyamar sebagai pembeli potensial untuk mencuri sebuah berlian langka berwarna ungu berharga jutaan dolar di Barcelona, Spanyol, berhasil diringkus oleh kepolisian Prancis dan Spanyol.

Polisi di kawasan Catalunya di timur-laut Spanyol mengatakan pada Rabu (17/2), sebanyak 8 terduga anggota kelompok kriminal tersebut ditangkap di Bondy dekat Paris, Prancis.

Baca Juga: Rapper Lil Uzi Vert Tindik Dahinya Pakai Berlian, Lil Uzi: Cantik Itu Luka

Dilansir dari Associated Press, penyelidikan polisi bermula di Barcelona usai kejadian perampokan berlian langka itu pada Januari 2020. Menurut pihak kepolisian Catalunya, berlian ungu langka itu bernilai hingga 15 juta Euro atau setara dengan Rp 255 milyar. Penyelidikan polisi terhadap para tersangka pencuri itu kemudian mengarah pada kasus pencurian berlian lain senilai 4,5 juta Euro atau setara dengan Rp 76,5 milyar di Cannes, Prancis pada Agustus 2020.

Baca Juga: Berlian Pink Seharga RP 742 Miliar, Apa Istimewanya?

Polisi mengatakan, para pencuri berpura-pura tertarik membeli batu mulia berharga itu, dan berniat menukarnya dengan berlian palsu yang serupa setelah mengecoh si penjual.

Baca Juga: Wow, Ini Dia Berlian “Pink” Terbesar di Dunia!

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x