Kompas TV regional sosial

Jalur Sepeda Sudirman-Thamrin Diminta untuk Dibongkar, Wagub DKI: Kami Terima Semua Masukan

Kompas.tv - 16 Juni 2021, 16:58 WIB
jalur-sepeda-sudirman-thamrin-diminta-untuk-dibongkar-wagub-dki-kami-terima-semua-masukan
Pemasangan pembatas jalur sepeda di jalan Jenderal Sudirman. Rencananya pembatas jalur sepeda ini akan dipasang sepanjang 11,2 kilometer. (Sumber: Twitter Adriansyah Yasin Sulaiman @adriansyahyasin)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan akan mendengarkan masukan dari seluruh pihak terkait dengan polemik jalur sepeda permanen di Sudirman-Thamrin. 

Ia mengatakan saat ini jalur sepeda masih dalam proses uji coba pengkajian sehingga belum ada keputusan yang dikeluarkan. 

"Terkait jalur sepeda, semuanya masih dalam proses uji coba pengkajian, Pak Gubernur belum mengeluarkan keputusan," kata Riza di DPRD DKI Jakarta, Rabu (16/6/2021). 

"Tentu keputusan yang diambil akan mendengarkan masukan dari semua pihak termasuk masukan dari Pak Kapolri," tambahnya. 

Baca Juga: Pimpinan Komisi III Minta Kapolri Bongkar Jalur Sepeda Permanen di Sudirman-Thamrin

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk membongkar jalur sepeda permanen di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta.

Menurut politikus dari Fraksi Nasdem ini, keberadaan jalur sepeda itu menimbulkan diskriminasi antar pengguna kendaraan di jalan raya. 

Ia menyebut, bila itu dibiarkan, nantinya akan ada permintaan istimewa untuk para pengguna kendaraan lainnya. 

"Jangan sampai nanti jalur permanen semua pelaku hobi motor bikin minta juga kepada pemerintah jalur motor khusus kaya Harley dan superbike," kata Sahroni rapat bersama Kapolri di Gedung Parlemen, Jakarta, Rabu (16/6/2021). 

Baca Juga: Polemik Diskriminasi Jalur Sepeda Balap DKI Jakarta

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga telah menyatakan pihaknya menyetujui usulan pimpinan Komisi III DPR RI tersebut. Hal ini sekaligus untuk mencari formulasi yang pas terkait pengaturan rute jalur sepeda di kawasan Ibu Kota. 

"Prinsipnya terkait dengan jalur sepeda, kami akan terus mencari formula yang pas. Kami setuju masalah yang permanen itu dibongkar saja," kata Sigit saat rapat bersama dengan Komisi III DPR di Gedung Parlemen, Jakarta, Rabu (16/6/2021). 

Riza menekankan bahwa semua masih dalam proses pembahasan, diskusi, dan evaluasi dari uji coba jalur sepeda. Ia pun menekankan bahwa prinsipnya, Pemerintah Provinsi DKI ingin memberikan pelayanan terbaik kepada semua pihak bagi seluruh pengguna jalan.

Baca Juga: Komplotan Pencuri Beraksi di Kota Batu, Dua Sepeda Motor Raib Meski Pagar Digembok

"Pada prinsipnya Pemprov DKI akan memberikan pelayanan terbaik bagi semua pihak bagi pesepeda road bike, non road bike, pejalan kaki, pengguna sepeda motor, pengguna kendaraan pribadi apalagi pengguna kendaraan umum, transportasi umum," katanya. 

"Kita akan berikan pelayanan terbaik kebijakan yang diambil pasti mengacu pada kepentingan masyarakat yang lebih luas," tutup Riza. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x