Kompas TV nasional peristiwa

Lonjakan Kasus Covid-19, Pemprov DKI Jakarta akan Buka Tiga Lokasi untuk Isolasi Pasien Positif

Kompas.tv - 15 Juni 2021, 23:27 WIB
lonjakan-kasus-covid-19-pemprov-dki-jakarta-akan-buka-tiga-lokasi-untuk-isolasi-pasien-positif
Wisma Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan digunakan sebagai tempat isolasi pasien Covid-19 (Sumber: Dok.Graha Wisata TMII)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemprov DKI Jakarta berencana membuka tiga lokasi untuk isolasi pasien Covid-19, yaitu Wisma Ragunan, Wisma Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Rumah Susun Nagrak.

Ketiga lokasi itu akan digunakan sebagai tempat isolasi lantaran jumlah pasien Covid-19 di Jakarta dan Wisma Atlet terus meningkat.

"Sudah pernah dipakai, jadi kemarin kan kosong. Nah, sekarang dengan penuhnya Wisma Atlet, kami buka kembali," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti, Selasa (15/6/2021).

Lonjakan kasus Covid-19, selain dua tempat tersebut, pihaknya juga menyebut akan menyiapkan Rumah Susun Nagrak, Cilincing, Jakarta Utara untuk dijadikan tempat isolasi.

Baca Juga: 80 Persen Pasien Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Warga Jakarta

Menurut Widyastuti, pihak terkait sudah melakukan peninjauan dan persiapan Rusun Nagrak sebagai tempat isolasi Covid-19.

Beberapa pihak yang sudah meninjau, antara lain, Dinkes Pemprov Jakarta, Satgas DKI, dan BNPB.

"Nagrak itu bentuknya memang baru pertama kemarin sudah kami tinjau, sudah ditinjau juga oleh tim Dinkes maupun tim Satgas Provinsi, juga ditinjau oleh BNPB," terangnya.

Diketahui, terkait lonjakan kasus, Rusun Nagrak dipersiapkan mampu menampung 1.000 hingga 2.500 pasien Covid-19 yang OTG.

Diberitakan sebelumnya, peningkatan jumlah pasien di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran masih terus terjadi hingga hari ini, Selasa (15/6/2021).

Pagi ini, pukul 08.00 WIB, tercatat ada tambahan 425 pasien Covid-19 sehingga total pasien di Wisma Atlet mencapai 5.453 pasien.

Baca Juga: Update Covid-19: Wisma Atlet Tampung 5.453 Pasien

Komandan Lapangan sekaligus Humas RSDC Wisma Atlet, Letkol Laut (K) M Arifin menyebut pasien Covid-19 di RSDC Wisma Atlet mayoritas berasal dari wilayah DKI Jakarta, yakni sebesar 80 persen. 

"Mayoritas DKI Jakarta, 80 persen dari Jakarta, yang ngirim dari puskesmas kita sendiri kok," kata Arifin ketika dihubungi melalui telepon, Selasa (15/6/2021). 

Ia pun menambahkan bahwa klaster Covid-19 dari silaturahmi dan mudik usai libur Lebaran 2021 masih berlanjut. 

"Yang di Cipayung aja nanti masih akan kirim lagi 30, padahal sudah berapa ratus, dari awal klaster kunjung mengunjung lebaran masih berlangsung," kata Arifin.

Baca Juga: Peneliti UGM: Covid-19 Varian Delta Memperburuk Kekebalan Tubuh Pasien, Terutama Lansia



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x