Kompas TV regional sosial

Salurkan Sembako ke 2.175 Keluarga, Pemkot Cirebon Pastikan akan Tepat Sasaran

Kompas.tv - 15 Juni 2021, 23:04 WIB
salurkan-sembako-ke-2-175-keluarga-pemkot-cirebon-pastikan-akan-tepat-sasaran
Sebanyak 2.175 paket bahan pokok siap dikirim dari Gudang Bulog di Pegambiran, Kota Cirebon, Jawa Barat, kepada keluarga penerima manfaat di Cirebon, Selasa (15/6/2021). Paket itu akan diberikan kepada masyarakat terdampak Covid-19 yang belum pernah menerima bantuan pemerintah pusat hingga daerah. (Sumber: Kompas.id/ABDULLAH FIKRI ASHRI)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Fadhilah

CIREBON, KOMPAS.TV – Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon, Jawa Barat, menyalurkan paket bahan pokok (sembako) untuk 2.175  keluarga. Pemkot berjanji bantuan tersebut akan tepat sasaran.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DSP3A) Kota Cirebon Santi Rahayu mengatakan, 2.175 keluarga bakal menerima paket bahan pokok sebanyak tiga kali tahun ini dengan total 6.525 paket.

Setiap paket berisi mi instan 10 bungkus, beras 10 kilogram, kecap sebotol, sarden dua kaleng, dan minyak goreng 1 liter. Isi paket itu hampir sama dengan paket bahan pokok tahun lalu, kecuali jumlah mi instan yang sebelumnya hanya lima bungkus.

Adapun, untuk setiap penyaluran membutuhkan waktu sekitar dua pekan.

”Kalau paketnya sudah selesai disalurkan, nanti kami kirim lagi. Kami berharap penyaluran ini bisa meringankan sedikit beban keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdampak Covid-19,” jelasnya, dilansir dari laman Kompas.id.

Santi memastikan penyaluran paket bahan pokok yang bekerja sama dengan Kantor Pos Cirebon itu bakal tepat sasaran.

Artinya, penerima paket merupakan keluarga terdampak pandemi Covid-19, tetapi belum mendapatkan bantuan apa pun baik dari pemerintah pusat, provinsi, maupun daerah sejak 2020.

”Kami punya sistem, kalau penerima pernah mendapatkan bantuan, pasti datanya ter-delete (terhapus). Datanya juga kami cek satu-satu,” katanya.

Baca Juga: Isu PPN Sembako, Sri Mulyani: Yang Kena Pajak Sembako Jenis Premium

Adapun data KPM berasal dari kelurahan yang telah diperbarui dan diverifikasi langsung oleh petugas rukun warga. Perihal calon penerima yang sudah meninggal, paketnya akan diberikan kepada keluarganya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x