Kompas TV internasional kompas dunia

Reaktor Taishan di China Alami Kebocoran Akibat Penumpukan Gas Mulia

Selasa, 15 Juni 2021 | 20:49 WIB
reaktor-taishan-di-china-alami-kebocoran-akibat-penumpukan-gas-mulia
Bagian dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Taishan di provinsi Guangdong, China. (Sumber: REUTERS/Bobby Yip)

BEIJING, KOMPAS.TV - Salah satu reaktor pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Taishan yang berada di Provinsi Guangdong, China, utara Hong Kong, dilaporkan mengalami kebocoran.

Pemilik 70 persen dana dari PLTN tersebut, China General Nuclear Power Corp, menyebut penumpukan gas mulia di salah satu reaktor telah mengakibatkan kebocoran.

Perusahaan milik negara China itu, kemudian menyampaikan kabar tersebut kepada perusahaan energi asal Prancis, EDF, pemilik 30 persen reaktor Taishan.

EDF pun mengatakan bahwa pihaknya telah mengadakan pertemuan dengan mitranya setelah mengetahui adanya penumpukan gas mulia di salah satu reaktor nuklir itu.

Baca Juga: Usai Berjalan Sekitar 500 Kilometer dan Rebahan Bareng, Kawanan Gajah Pengembara China Bergerak Lagi

“EDF telah diberitahu tentang peningkatan konsentrasi gas mulia tertentu di sirkuit utama reaktor nomor satu pembangkit listrik tenaga nuklir Taishan,” kata perusahaan itu, dalam sebuah pernyataan di situsnya.

"Munculnya gas mulia tertentu di sirkuit primer adalah fenomena yang telah diketahui, dipelajari, dan diatur dalam prosedur operasi reaktor," imbuhnya.

Meski begitu, belum diketahui dengan jelas di mana lokasi penumpukan gas itu terjadi, sehingga para ahli pun dibuat bingung tentang seberapa parah kondisinya.

Baca Juga: Ledakan Pipa Gas Tewaskan 12 Orang di Hubei, China Tengah

Mendengar kabar tersebut, Direktur Eksekutif Nonproliferation Policy Education Center yang berbasis di Washington, Henry Sokolski mencoba memberi tanggapan.

Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Peristiwa

Kasus Corona Melonjak di Riau

Minggu, 1 Agustus 2021 | 00:20 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
02:59
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19