Kompas TV internasional kompas dunia

Usai Berjalan Sekitar 500 Kilometer dan Rebahan Bareng, Kawanan Gajah Pengembara China Bergerak Lagi

Senin, 14 Juni 2021 | 05:52 WIB
usai-berjalan-sekitar-500-kilometer-dan-rebahan-bareng-kawanan-gajah-pengembara-china-bergerak-lagi
Pada foto udara yang diambil pada 7 Juni 2021 ini, kawanan gajah liar ini tengah rebahan bareng di dekat kota Xinyang di Distrik Jinning, Kunming di barat-daya Provinsi Yunnan, China. (Sumber: Yunnan Forest Fire Brigade via AP)

BEIJING, KOMPAS.TV – Sekawanan gajah liar pengembara di China kini tengah bergerak menuju barat-daya China pada Sabtu (12/6/2021). Seekor gajah jantan dilaporkan memisahkan diri dari kawanan ini dan tetap menjaga jarak.

Kawanan 15 gajah liar ini sebelumnya viral di media sosial China, setelah video mereka tengah rebahan bareng tersebar luas. Kawanan gajah liar ini berjalan melewati rumah-rumah, lumbung dan pepohonan di provinsi Yunnan.

Sementara  pemerintah China  menggelontorkan dana penanganan hingga 1 juta dolar atau sekitar Rp14,25 miliar. Mengutip AFP pekan lalu (8/6/2021), petualangan kawanan gajah ini memikat atensi orang-orang China. Ratusan juta netizen negeri Panda itu kemudian membicarakan kawanan gajah ini di media sosial.

Melansir Associated Press, kawanan gajah ini meninggalkan suaka margasatwa di barat-daya Provinsi Yunnan lebih dari setahun lalu. Kawanan gajah ini telah berjalan sejauh 500 kilometer menuju utara ke pinggiran ibu kota Kunming.

Baca Juga: Momen Langka! Sekawanan Gajah Tidur Bersama di Tengah Hutan

Hingga Sabtu (12/6/2021), mereka terlihat di kawasan Shijie di kota Yuxi yang terletak lebih dari 8 kilometer di barat-daya pinggiran Kunming. Sejumlah media China melaporkan, mereka telah mencapai kawasan ini sejak pekan lalu. Si gajah jantan yang memisahkan diri terpisah sejauh 16 kilometer di pinggiran Kunming.

Pihak berwenang China berharap dapat menghalau mereka kembali ke asal mereka di Prefektur Otonomi Xishuangbanna Dai di barat-daya Kunming.

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:54
POSITIF TERINFEKSI COVID-19, JOÃO CANCELO ABSEN BELA PORTUGAL DI PIALA EROPA 2020   PRESIDEN AS JOE BIDEN DUKUNG PERGELARAN OLIMPIADE TOKYO 2020 SAAT KTT NEGARA G7 BERLANGSUNG   PEMERINTAH TIONGKOK HUKUM 27 PEJABAT PASCA-INSIDEN KEMATIAN 21 PESERTA DI LOMBA ULTRAMARATHON 100 KM   JEMBATAN BAMBU PENGHUBUNG DUA DESA DI CIANJUR, JAWA BARAT, HANYUT AKIBAT LUAPAN SUNGAI CISADEA   POLISI TANGKAP 5 PELAKU PEMALSU TIKET DERMAGA EKSEKUTIF DI PELABUHAN MERAK, BANTEN   SATGAS COVID-19: PEMBATASAN KEGIATAN HAJATAN DAN WISATA RELIGI MENJADI SALAH SATU STRATEGI HADAPI PANDEMI   SATGAS COVID-19 MINTA WARGA BANYUWANGI TETAP TERAPKAN PROKES MESKI SUDAH DIVAKSIN   GUBERNUR GANJAR PRANOWO INSTRUKSIKAN BUPATI DAN WALI KOTA DI JAWA TENGAH TINGKATKAN PELACAKAN DAN TES PCR   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO MINTA MASYARAKAT WASPADAI VARIAN BARU VIRUS KORONA   WALI KOTA BANDUNG ODED M DANIAL: 56% PASIEN COVID-19 DI RS BANDUNG BERASAL DARI LUAR KOTA   GUBERNUR ANIES BASWEDAN: APABILA COVID-19 TIDAK TERKENDALI SEKARANG, DKI AKAN MASUK FASE GENTING   RSD WISMA ATLET TAMBAH 2.000 TEMPAT TIDUR ANTISIPASI LONJAKAN PASIEN COVID-19   POLISI TANGKAP SATU ORANG PETUGAS PJLP SUDIN PERTAMANAN DAN HUTAN KOTA DKI JAKARTA YANG LAKUKAN PENJAMBRETAN   POLISI SITA BARANG BUKTI GANJA DARI MUSISI ANJI SAAT DITANGKAP DI KAWASAN CIBUBUR, JAKARTA TIMUR