Kompas TV nasional berita utama

Komnas HAM Berharap Benar-benar Dapat Informasi dari Ketua KPK Firli Bahuri Kamis Pekan Ini

Kompas.tv - 15 Juni 2021, 13:04 WIB
komnas-ham-berharap-benar-benar-dapat-informasi-dari-ketua-kpk-firli-bahuri-kamis-pekan-ini
Pernyataan Komisioner Komnasham choirul anam mengenai relokasi GKI Yasmin Bogor, di kantor komnas ham jakarta pada selasa siang, 15 juni 2021 (Sumber: KEMAS ABDUL MALIK / KOMPASTV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) berharap Ketua KPK Firli Bahuri benar-benar hadir dalam pemeriksaan Kamis, 17 Juni 2021. Sehingga, Komnas HAM bisa memperoleh informasi yang banyak dalam perihal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) pegawai KPK.

Pernyataan itu disampaikan oleh Komisioner Komnas HAM Choirul Anam, Selasa (15/6/2021).

“Semoga pertemuan hari Kamis tersebut pengambilan keterangan benar-benar terjadi,” katanya.

“Dan ini kami di Komnas HAM mendapatkan berbagai informasi yang banyak, itu harapannya, mendapatkan klarifikasi yang banyak, itu juga harapannya, mendapatkan penjelasan yang lebih komprehensif itu juga harapannya,” tambahnya.

Dalam penjelasannya, Choirul Anam menceritakan kemarin petang pimpinan KPK mengirimkan surat kepada Komnas Ham atas panggilan kedua dan balasan surat yang dilayangkan Komnas HAM.

Baca Juga: Komnas HAM Sebut Ketua KPK Firli Bahuri Siap Diperiksa Kamis Pekan Ini

“Jadi Minggu kemarin kami mengirimkan dua surat satu surat panggilan dan satu surat respons pertanyaan. Sore kemarin temen-temen KPK mengirimkan surat respon terhadap panggilan tersebut yang kurang lebih intinya sama dengan respon di surat pertama,” ujarnya.

Menurut Anam, biro hukum KPK  datang ke Komnas HAM untuk mengatur tata cara dan apa-apa saja dan bagaimana dan penjadwalan terkait pengambilan keterangan tersebut.

 Anam menyampaikan bahwa telah mendapat komitmen baik dari Pimpinan KPK Firli Bahuri untuk pemeriksaan terkait TWK pegawai KPK.

Baca Juga: Kritik Alasan Pimpinan KPK Tak Hadiri Panggilan Komnas HAM, ICW: Lebih Baik Mereka Mundur Saja

“Kami umumkan di sini sudah ada komitmen yang baik dari pimpinan KPK, akan datang dalam proses pemeriksaan Komnas HAM pada hari Kamis. Jadi hari Kamis besok, kolega kami dari KPK akan datang,” katanya.

Pimpinan KPK  akan mempersiapkan apa saja yang  dibutuhkan untuk proses pendalaman, proses klarifikasi.

"Proses informasi dan mungkin juga akan disiapkan juga oleh teman-teman KPK proses penjelasan yang lebih komprehensif,” tambahnya.

Tetapi, sambung Choirul Anam, belum dapat ditentukan pukul berapa Ketua KPK Firli Bahuri hadir di Komnas HAM untuk memberikan keterangan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x