Kompas TV bisnis bumn

Utang PLN Hampir Rp500 T, Faisal Basri: Bukan Foya-foya

Selasa, 15 Juni 2021 | 11:29 WIB
utang-pln-hampir-rp500-t-faisal-basri-bukan-foya-foya
Ilustrasi petugas PLN mengatasi ganguan aliran listrik di jaringan transmisi SUTT/SUTET. (Sumber: Tribunjatim.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Di tengah kondisi keuangan BUMN Garuda Indonesia yang sedang krisis akibat utang Rp70 triliun, Menteri BUMN Erick Thohir juga membeberkan utang PLN yang fantastis mencapai Rp500 triliun. Namun menurut Ekonom senior Faisal Basri, utang PLN tidak dipakai untuk foya-foya, melainkan hampir semuanya buat investasi .

Menurut Faisal, utang PLN pernah 31 Desember 2020 sebesar Rp451 triliun, turun Rp2 triliun dibanding 2019. Jumlah utang PLN itu juga masih lebih kecil dari total investasi yang dilakukan PLN dan nilai aset BUMN itu.

"Utang PLN tidak dipakai untuk foya-foya. Hampir semua dipakai untuk investasi. Hanya sebagian kecil untuk menjaga cashflow (arus kas)," kata Faisal dalam keterangan tertulisnya, dikutip Selasa (15/06/2021).

"PLN ini BUMN aset terbesar, sampai April 2021 mencapai Rp1.599,5 triliun. Harus kita jaga bersama-sama. Tidak ada BUMN lain dengan aset sebesar ini," tambahnya.

Baca Juga: Punya Utang Rp500 T, Ini Langkah untuk Menyehatkan Keuangan PLN

Dari catatan tambahan utang PLN periode 2015-2020, yang sebesar Rp199 triliun. Sedangkan nilai investasinya pada periode yang sama mencapai Rp448 triliun.

Investasi yang dilakukan PLN diantaranya adalah penambahan aset berupa pembangkit total 10.000 megawatt, transmisi sepanjang 23.000 kilometer sirkuit, dan gardu induk total 84.000 MvA. Investasi tersebut pun meningkatkan rasio elektrifikasi. Dari 88,3 persen menjadi 99,2 persen.

Investasi PLN, lanjut Faisal, bisa lebih besar dari utang karena sumber dananya tidak hanya pinjaman. Sebagian investasi PLN didanai dari kas internal dan penambahan modal. Investasi dari kas internal dimungkinkan karena PLN masih mencatatkan keuntungan.

Sebelumnya, dalam rapat dengan Komisi VI DPR RI, Kamis (03/06/2021), Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan sejumlah langkah yang tengah dilakukan pihaknya dan PLN, untuk menyehatkan Keuangan BUMN kelistrikan itu.

Baca Juga: Luncurkan Iconnet, PLN Siap Bersaing dengan First Media, Biznet, dan IndiHome

Penulis : Dina Karina | Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:47
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19