Kompas TV nasional sosial

Pastikan Pasokan Listrik Aman di Sirkuit MotoGP Mandalika, PLN Bangun Tiga Jalur Tambahan

Kompas.tv - 17 Mei 2021, 18:24 WIB
pastikan-pasokan-listrik-aman-di-sirkuit-motogp-mandalika-pln-bangun-tiga-jalur-tambahan
Sebuah papan informasi tentang proyek pembangunan Sirkuit Mandalika di Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat (29/1/2021). Sirkuit balap tersebut menjadi bagian dari proyek pengembangan pariwisata di kawasan tersebut. (Sumber: kompas.id/P RADITYA MAHENDRA YASA )
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Hariyanto Kurniawan

MATARAM, KOMPAS.TV – PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Mataram, Nusa Tenggara Barat akan membangun tiga jalur tambahan untuk mengamankan pasokan listrik pada infrastruktur Sirkuit MotoGP Mandalika. Hal itu untuk mendukung perhelatan ajang balap motor paling bergengsi di dunia.

Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Mataram, Dony Noor Gustiarsyah di Mataram, Senin (17/5/2021), mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk merealisasikan zero down time atau memastikan tidak ada gangguan listrik untuk ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika meski sepersekian detik, dilansir dari laman Kompas.id.

Saat ini sudah ada dua jalur (penyulang) yang menyuplai listrik untuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, yakni penyulang Novotel dan Penyulang Kuta.

“Sistem yang ada harus diperkuat. Dengan adanya tambahan tiga jalur ini, suplai listrik akan semakin andal. MotoGP ini adalah ajang internasional dan semua PLN harus siap,” ujarnya.

Tiga jalur tambahan yang akan dibangun adalah Saluran Kabel Tegangan Menengah (SKTM) sepanjang 2 kali 1,48 kilometer sirkuit (kms) yang berasal dari Gardu Induk (GI) Kuta dan jalur Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) sepanjang 13,8 kms yang dibangun dari GI Sengkol.

Baca Juga: Warga Lokal Tergusur Pembangunan Sirkuit Mandalika

Dony menjelaskan, pembangunan ketiga jalur tersebut saat ini telah memasuki tahap akhir konstruksi. PT PLN berkomitmen mempercepat penyelesaikan pembangunan jalur tersebut.

Namun, dalam pembangunan jaringan distribusi listrik 20 kilovolt (kV) itu, muncul sejumlah kendala dan tantangan. Untuk pemasangan tiang, misalnya, ada penolakan dari warga. Namun, dalam perjalanannya, menurut dia, hal itu bisa teratasi.

Dony juga menambahkan, selain jaringan distribusi listrik 20 kV, pihaknya juga telah menyiapkan tiga trafo berkapasitas total 120 mega volt ampere (MVA) yang terdiri dari dua trafo berkapasitas 30 MVA dan satu trafo berkapasitas 60 MVA untuk GI Sengkol.

Sementara di GI Kuta, telah disiapkan satu buah trafo berkapasitas 30 MVA. PLN juga berecana menambahkan satu trafo lagi berkapasitas 60 MVA di tahun ini.

PT PLN (Persero) juga membangun salur udara tegangan tinggi (SUTT) jalur baru, yakni Mataram-Mantang untuk memperkuat sistem kelistrikan yang akan mendukung MotoGP Mandalika.

Baca Juga: Hasil MotoGP Prancis: Jack Miller Juara, Marc Marquez Crash, Valentino Rossi Posisi ke-11

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x